Memasang Iklan Facebook di Instant Articles Blog
Memasang Iklan Facebook di Instant Articles Blog

Memasang Iklan Facebook di Instant Articles Blog

Posted on

Pondokgue.com – Memasang Iklan Facebook di Instant Articles Blog – Setelah melakukan pemasangan Instant Article dan sudah berhasil di approve, maka hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah bagaimana cara memasang iklan dari facebook di instant articles. Pada tulisan ini, pondokgue akan kembali membahas langkah-langkah untuk memudahkan kalian para pembaca blog ini untuk bisa memasang iklan dari facebook.

Untuk memasang iklan pada tampilan Instant Articles, ada 3 type ikan yang bisa di tampilkan di Instant Article, diantaranya yaitu:

  • Audience Network: Audience Network merupakan salah satu platform monetizing yang secara langsung di sediakan oleh Facebook untuk menampilkan iklan dari advertiser mereka.
  • iFrame Advertising: iFrame Advertising ini bisa digunakan untuk memasang iklan yang di host oleh pengguna web sendiri.
  • Custom Embed Code: Nah untuk yang ketiga ini, pengguna bisa menyematkan Iklan dari network manapun seperti Adsense, Adnow dan lain sebagainya.

Nah, menurut hemat pondokgue, karena kita menggunakan platform Instant Article yang disediakan oleh facebook, maka tentu saja Iklan yang pas adalaah iklan yang berasal dari Facebook itu sendiri, jadi kita akan membahas tentang bagaimana cara melakukan pendaftaran Audience Network dari awal hingga mendapatkan kode iklan. Siap?

Pertama, masuk ke menu publishing tools dan masuk pada bagian Artikel instan lalu pilih konfigurasi, scroll kebawah dan disana akan ada menu Audience Network, klik dropdown, disini kalian akan melihat bahwa Fanspage belum terdaftar untuk Audience Network dan ada pilihan untuk melakukan centang dan klik memulai melakukan pendaftaran. Jika sudah maka akan ada notifikasi facebook bahwa aplikasi kalian telah dibuat dan pada menu Audience network tersebut nantinya akan ada pilihan untuk masuk ke dalam menu developer facebook. Lihat gambar dibawah ini:

Sebelum dan Sesudah Mendaftar Audience Network
Sebelum dan Sesudah Mendaftar Audience Network

Kedua, jika sudah muncul seperti pada tampilan diatas, langsung klik Dasbor Anda, disini akan muncul tab baru yang membawa kalian ke halaman developer sebagaimana berikut developers.facebook.com/apps/nomor-id-app. Fokus pada menu bagian kiri akan ada menu Produk dan pilih Audience Network, disini akan muncul dropdown menu langngsung klik menu pembayaran dan nantinya di tab kanan akan muncul menu untuk membuat atau memilih akun pembayaran. Karena masih pertama pilih menu Buat Akun Pembayaran Baru. Lengkapi semua data yang ada dalam bagian ini, untuk nomor pajak untuk sekarang sepertinya wajib di isi dengan nomor NPWP, pastikan 5 langkah di isi dengan data yang benar. LIhat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya:

Lengkapi Daftar Menu Pembayaran Audience Network
Lengkapi Daftar Menu Pembayaran Audience Network

Ketiga, setelah selesei mengisi bagian pembayaran Audience Network kemudian kita beralih ke menu Penempatan, pada bagian ini kita bisa mengambil ID Iklan yang akan kita pasang pada plugin pada step selanjutnya, biasanya, kettika kita melakukan pendaftaran audience network, maka akan tersedia satu kode yang bisa diambil, langsung copy saja kode penempatan tersebut.

Ambil Kode Iklan Untuk Dipasang di Pluigin
Ambil Kode Iklan Untuk Dipasang di Pluigin

Keempat, langkah terakhir yaitu memasang kode iklan pada Plugin. Masuk ke dalam blog kalian lalu masuk ke menu Plugin Instant Articles dan fokus pada kolom Ads, pada pilihan Ad Type pilih Facebook Audience Network, selanjutnya pada menu Audience Network Placement ID masukkan ID Iklan yang di ambil dari Facebook Developer tadi dan pada menu Ad Dimensions pilih Large (300 x 250). Kemudian Save.

Masukkan ID Iklan Audience Network Pada Setting Plugin di Web
Masukkan ID Iklan Audience Network Pada Setting Plugin di Web

Nah, sudah selesei sampai disini Bagaimana Cara Memasang Iklan Facebook Pada Instant Articles.  Mudah Bukan? Jadi jika ada temen temen lain yang mungkin sedang mencari juga bagaimana cara mendaftar Audience Network Facebook untuk me monetizing Instant Articles bisa membaca ulasan saya disini. Selanjutnya? Praktekkan dong.

Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *