Cara Memasang Instant Article Facebook di Blog
Cara Memasang Instant Article Facebook di Blog

Cara Memasang Instant Articles Facebook di Blog

Posted on

Pondokgue.com – Langkah Memasang Instant Articles Facebook di Blog – Sebelum membaca tutorial ini, alangkah baiknya perlu dimengerti bahwa butuh waktu berpikir yang agak lama ketika saya ingin menulis artikel ini, karena beberapa waktu yang lalu ada yang sedang mengemas bagaimana cara menggunakan facebook Instant Article dalam bentuk sebuah produk digital. Tapi, setelah menimbang nimbang maka saya kira tidak ada salahnya jika sekarang saya menuliskannya dalam blog pribadi saya.

Apa sih Instant Articles itu? IA -akronim untuk instant articles- adalah sebuah platform yang disediakan oleh Facebook untuk pengelola Web atau Blogger untuk dapat memudahkan pembaca mengakses artikel yang ada dengan lebih cepat. Kenapa bisa lebih cepat? karena setiap artikel yang sudah di import ke Instant Article bisa diakses melalui Aplikasi Facebook Mobile tanpa keluar dari aplikasi dan tanpa waktu load yang lama seperti yang terjadi ketika pembaca mengunjungi blog atau web melalui search engine. Lalu, bagaimana cara melakukan implementasi Instant Articles ini pada sebuah blog? Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pertama, kujungi halaman https://instantarticles.fb.com dan lakukan pendaftaran. Pada halaman ini kita akan memilih, Fanspage mana yang akan digunakan untuk menyimpan data artikel blog kita dan umumnya nama Fanspage sama dengan nama Blog. Namun, ini bukan suatu keharusan, karena kita bisa menggunakan fanspage manapun (tanpa harus sama nama dan fanspage) untuk mendaftar instant articles.

Kedua, setelah melakukan pendaftaran dan pemilihan fanspage, langkah selanjutnya yaitu masuk ke dalam Fanspage facebook yang sudah dipilih tadi dan pilih menu Publishing Tools pada bagian atas fanspage dan lihat pada menu bagian kiri, disana akan muncul menu baru dengan sub nama Instant Articles. Untuk melakukan setting, kita akan fokus pada sub menu configuration. Dimana pada menu ini, kita akan melakukan setting Instant Article blog kita.

Menu Instant Articles di Fanspage
Menu Instant Articles di Fanspage

Ketiga, masih di halaman fanspage, siapkan Logo blog kalian, ini penting karena jika tanpa logo, proses pengajuan Instant Article akan ditolak. Masuk ke bagian styles -Styles ini merupakan template blog kita ketika akan diakses melalui IA- lalu upload logo yang sudah di siapkan. Logo yang diupload minimal berukuran 690px width dan 132px height (persegi panjang).

Upload Logo Pada Style Default
Upload Logo Pada Style Default

Sampai disini, kemudian kita akan fokus kepada blog kita untuk pemasangan meta header dan Plugin. Buka menu publishing tools, dan masuk ke bagian Tools, disana akan ada menu pilihan Connect Your Site  ambil Meta Property yang tersedia dan pasang di bagian header blog wordpress dan simpan. Kemudian, kembali ke Configuration page dan lakukan claim pada URL dengan memasukkan alamat website kalian.

Masukkan Meta ke Header Blog
Masukkan Meta ke Header Blog

Keempat, setelah melakukan claim URL seperti pada gambar diatas, langkah selanjutnya yaitu memasang Plugin Instant Articles for WP yang bisa di download pada halaman ini >> https://wordpress.org/plugins/fb-instant-articles/ <<. Setelah dilakukan pemasangan, buka menu Instant Article pada bilah menu WordPress di sisi kiri, maka akan ada beberapa kolom yang harus di  isi. Pertama yaitu pada bagian atas plugin ada kolom Facebook ID, Facebook ID ini dapat ditemukan pada Meta Property yang kita pasang tadi, yaitu 15 nomor ID fanspage kita. Lalu di kolom kedua, pada bagian Article Style isikan default seperti pada styles letak logo kalian tadi di upload.

Masukkan FB ID dan Style kalian pada menu ini
Masukkan FB ID dan Style kalian pada menu ini

Kelima, setelah terisi, scrool sedikit ke bawah, disini akan ada menu Publishing Setting, ada beberapa pilihan yang untuk dicentang, cukup cari Transformation warnings dan centang pada bagian Publish articles containing warnings. Fungsinya apa? dengan membeeri centang pada bagian tersebut, maka ketika melakukan transform post artikel kita, maka Instant Article akan tetap mem Publish artikel tersebut, meskipun ada kesalahan struktur postingan. Lalu Save.

Centang Transformations Warning
Centang Transformations Warning

Keenam, jika semua langkah-langkah install instant articles diatas sudah dilakukan sesuai petunjuk, maka pada bagian ini, kalian harus melakukan cek Feed instant article dengan membuka halmana domainkamu[dot]com/feed/instant-articles pada web browser untuk mengetahui apakah feed tersebut sudah bisa diakses atau belum. jika belum bisa diakses, maka cermati lagi langkah langkah diatas, jika sudah bisa, maka masuk lagi ke dalam fanspage di bagian publishing tools dan kembali ke menu configuration. Disini, fokus pada area Production RSS Feed lalu masukkan feed instant article domain kalian ke dalam kolom RSS Feed URL  dan save. Setelah melakukan save maka halaman Facebook akan melakukan reload untuk mengambil 5 (atau lebih) postingan kalian dari RSS dan akan masuk ke dalam menu Production Articles. 

Masukkan Feed Instant Article
Masukkan Feed Instant Article

Terakhir, ketika feed sudah berhasil maka cara paling akhir yaitu melakukan submit agar blog bisa direview. Sampai tahap ini, maka blog kalian belum otomatis akan bisa diakses melalui Instant Article, tetapi menunggu 3-5 hari untuk benar benar di terima. Lihat gambar dibawah ini untuk melihat jika blog kalian sudah diterima.

Submit Blog Untuk Instant Article
Submit Blog Untuk Instant Article

Sudah, sampai disini tutorial lengkap bagaimana cara install instant articles (IA) pada blog wordpress. Untuk pembahasan mengenai Payment dan Bagaimana cara memasang iklan facebook pada instant articles, insya Allah akan pondokgue bahas di next artikel. Jangan lupa di share agar temen temen yang lain bisa menerapkannya juga.

Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

2 thoughts on “Cara Memasang Instant Articles Facebook di Blog

    1. memungkinkan, iya kang..
      tapi kurang bagus dan tidak saya rekomendasikan untuk saat ini.
      karena penyempurnaan IA sendiri baru berkembang di blogspot .. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *