Mengenal Profesi Technical Writer Beserta Kisaran Gajinya, Start 6 Jutaan

Mufid

Mengenal Profesi Technical Writer Beserta Kisaran Gajinya
Mengenal Profesi Technical Writer Beserta Kisaran Gajinya

Pondokgue.comPernah mendengar istilah profesi Technical Writer? Lowongan dengan posisi ini cukup banyak ditemui di banyak portal pekerjaan.

Tak seperti penulis pada umumnya, deskripsi pekerjaan seorang Technical Writer bisa dibilang cukup berbeda.

Dibutuhkan keahlian khusus bila ingin memulai karier sebagai seorang Technical Writer. Gajinya pun terbilang menjanjikan, berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu Profesi Technical Writer?

Secara garis besar, Technical Writer adalah profesi yang berperan untuk mengubah instruksi rumit ke dalam naskah berisi tata cara yang mudah dipahami.

Mereka bertugas untuk menyederhanakan informasi teknis yang kompleks sehingga dapat diakses oleh berbagai kalangan, mulai dari pengguna awam hingga profesional.

Dengan kemampuan menulis yang baik dan pemahaman mendalam tentang teknologi, seorang Technical Writer menjadi jembatan antara pengembang dan pengguna.

Bentuk tulisan yang dihasilkan oleh Technical Writer pun sangat beragam. Biasanya, mereka membuat panduan (manual) yang membantu pengguna memahami cara kerja suatu produk atau sistem.

Selain itu, mereka juga menyusun dokumentasi API yang penting bagi para pengembang untuk mengintegrasikan berbagai layanan dan aplikasi.

Tidak hanya itu, Technical Writer juga dapat menghasilkan berbagai jenis dokumentasi lain seperti white papers, user guides, dan FAQ.

Peran Technical Writer semakin penting di era digital ini, di mana teknologi terus berkembang dengan cepat.

Mereka tidak hanya harus memahami teknologi terbaru, tetapi juga mampu menyampaikan informasi tersebut dengan jelas dan efektif.

Dengan demikian, Technical Writer berkontribusi besar dalam memastikan bahwa teknologi dapat digunakan secara optimal oleh semua pihak yang membutuhkannya.

Baca Juga:   Kang Santri : Sedikit celoteh di kota Jogja !

Tugas Technical Writer

Sebelum membahas besar pendapatan seorang Technical Writer, berikut penjabaran tugas yang biasa dilakukan oleh profesi ini.

Mempelajari Contoh Produk

Sebelum menulis, seorang Technical Writer wajib untuk mempelajari contoh produk.

Fungsinya tentu saja supaya memahami produk lebih baik sehingga bisa menuangkannya ke dalam sebuah tulisan.

Disinilah kemampuan teknis seorang yang memiliki profesi Technical Writer dibutuhkan, guna membuat hasil tulisan yang mudah dipahami dan detail.

Proses mempelajari produk dilakukan bersama dengan desainer produk, developer, dan engineer.

Riset Target Audiens

Seorang dengan profesi Technical Writer juga memiliki tugas untuk melakukan riset target audiens bila perusahaan ingin meluncurkan produk baru.

Bila perlu, seorang Technical Writer juga dilibatkan dalam proses penelitian dan pengembangan produk.

Merancang Diagram dan Ilustrasi

Tidak hanya tulisan, Technical Writer juga menyiapkan diagram, ilustrasi, bahkan infografis untuk mendukung isi panduan yang dibuat.

Seperti yang kita ketahui, tulisan yang dibuat oleh profesi ini berkutat pada penjabaran langkah-langkah untuk pembaca dalam memahami sebuah produk.

Sehingga dibutuhkan diagram ataupun gambar yang memudahkan pembaca awam untuk memahami fungsi dan cara menggunakan produk tersebut.

Melakukan Uji dan Review

Technical Writer juga harus melakukan uji coba serta review terkait dengan tulisan yang mereka buat.

Tujuannya untuk memastikan apakah hasil tulisan tersebut sudah jelas dan bisa dipahami oleh orang awam.

Bila tidak, maka Technical Writer juga harus melakukan revisi terkait dengan tulisan yang dibuat.

Skill yang Dibutuhkan Oleh Technical Writer

Tertarik untuk menjadi seorang Technical Writer? Ada beberapa skill yang harus dikuasai.

Pertama tentu saja kemampuan menulis. Seorang Technical Writer harus memiliki kemampuan menulis yang mumpuni untuk bisa membuat tulisan yang mudah dipahami.

Baca Juga:   Manfaat Load Bank dalam Operasional Industri

Selanjutnya ada skill komunikasi. Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, Technical Writer seringkali bekerjasama dengan banyak departemen untuk berdiskusi soal produk.

Kemampuan teknis juga penting untuk dimiliki karena seorang Technical Writer bersinggungan langsung dengan sebuah produk.

Setidaknya seorang Technical Writer sudah memahami istilah-istilah serta tata cara penggunaan produk.

Kisaran Gaji Technical Writer

Tugas yang cukup kompleks membuat Technical Writer memiliki gaji yang tergolong cukup tinggi, yakni mulai dari Rp6.000.000 – Rp8.000.000 untuk posisi junior.

Sementara bagi penulis yang sudah berpengalaman atau senior bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp8.500.000 – Rp10.000.000.

Angka yang cukup besar bukan? Maka dari itu, terdapat opsi menggunakan jasa outsourcing untuk posisi ini.

Ya, menggunakan jasa outsourcing dapat memangkas biaya hiring dan pengeluaran lain yang bisa saja dibayarkan untuk karyawan full-time.

Lawencon menyediakan jasa outsourcing dengan tenaga kerja berpengalaman di bidang IT, salah satunya Technical Writer.

Kualitas tenaga kerjanya pun terjamin karena sudah berpengalaman bekerja di bidang teknologi informasi, informasi selengkapnya anda dapat menghubungi kontak lawencon di sini.

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Related Post

Leave a Comment