Bingung Memilih Asuransi Kendaraan? Ini Penjelasannya

0
7
Bingung Memilih Asuransi Kendaraan? Ini Penjelasannya
Bingung Memilih Asuransi Kendaraan? Ini Penjelasannya

Pondokgue.com – Dengan tingginya angka kecelakaan yang bisa berakibat pada kerusakan dan juga angka kriminal yang berujung pada risiko pencurian, asuransi kendaraan memegang fungsi yang penting. Bagi Anda pemilik kendaraan, proteksi ini bertujuan untuk menekan angka kerugian dari hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi terhadap kendaraan Anda di masa depan.

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan

Saat ini, sudah banyak platform investasi asuransi dan reksadana yang menyediakan asuransi kendaraan sebagai produknya. Sebelum Anda mendaftarkan kendaraan, lebih baik Anda memahami terlebih dahulu macam-macam asuransi kendaraan beserta kelebihan dan kekurangannya. Diharapkan Anda dapat menentukan keputusan yang paling tepat berdasarkan pertimbangan yang matang.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi ini hanya memberikan biaya pertanggungan jika kerusakan pada kendaraan lebih dari 75% atau jika kendaraan hilang. Hal ini berarti jika kerusakan kendaraan Anda di bawah nilai tersebut, maka klaim asuransi tidak dapat diproses. Karena sifatnya yang memiliki keterbatasan dalam ganti rugi, besaran premi dari asuransi total loss only ini  lebih kecil daripada asuransi all risk.

Asuransi All Risk atau Comprehensive

Jenis asuransi ini mengcover biaya atas berbagai jenis kerusakan baik yang ringan maupun berat hingga kehilangan. Oleh sebab itulah, premi yang harus dibayarkan oleh pengguna asuransi komprehensif lebih mahal. Jenis asuransi ini disarankan untuk kendaraan yang hampir tiap hari dipakai karena terpapar risiko yang tinggi. Usia maksimal pertanggungan dari asuransi jenis ini adalah 8 tahun.

Asuransi Kombinasi

Untuk premi asuransi kombinasi, disesuaikan dengan ketentuan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Biasanya, skema yang diambil adalah satu tahun asuransi all risk kemudian untuk  tahun selanjutnya menggunakan asuransi total loss only atau dua tahun pertama menggunakan jenis all risk kemudian menggunakan jenis total loss only setelahnya disesuaikan dengan keuangan dan kondisi kendaraan Anda.

Jangan lupa, Anda harus memastikan kredibilitas perusahaan asuransi yang akan Anda gunakan. Jika telah memutuskan, Anda harus cermat dalam membandingkan fitur atau fasilitas yang akan di dapat. Selain asuransi kendaraan, asuransi barang lain seperti asuransi barang mewah, asuransi barang elektronik, dan asuransi handphone patut juga Anda pertimbangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here