Pantai Nglambor Yang Menyajikan Keindahan Alam Bawah Laut

0
22
Pantai Nglambor Yang Menyajikan Keindahan Alam Bawah Laut
Pantai Nglambor Yang Menyajikan Keindahan Alam Bawah Laut

Pondokgue.com – Pantai Nglambor telah menetapkan diri sebagai salah satu wisata di Jogja yang memiliki berbagai potensi keindahan. Hal ini telah dibuktikan dengan predikatnya menjadi wisata yang memiliki banyak nilai sejarah, budaya bahkan dianugerahi sebagai pantai yang memiliki keindahan alam menawan.

Biasanya pantai yang berada di lokasi yang berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia cenderung memiliki gelombang ombak yang besar. Namun pantai Nglambor ini tidak seperti kebanyakan pantai Gunung Kidul pada umumnya. Pantai ini sangat memungkinkan bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan air. Potensi pantai ini sangat dijaga sehingga tetap memiliki berbagai jenis ikan dan sumber daya laut yang mengagumkan.

Keindahan bawah laut pantai Nglambor menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi sejumlah wisatawan. karena dijaga dengan baik, wisatawan dapat melihat beberapa jenis ikan yang dijadikan sebagai wilayah konservasi terumbu karang serta beberapa biota laut lainnya. Bahkan masyarakat sekitar juga melakukan geliat penjagaan dengan sebuah tradisi yang berupa upacara ngalangi atau (melarang, jawa). Upacara ini merupakan sejenis sedekah yang dengan tujuan memberitahu kepada siapa saja agar tidak menangkap ikan kecuali disaat musim panen. Mau wisata ke Pantai Nglambor? Jangan lupa untuk mengunakan jasa paket tour Jogja dari https://tripjogja.co.id.

Lokasi

Tujuan wisata Jogja ini berada berdekatan dengan Pantai Siung dan Pantai Jogan. Lebih tepatnya berada di desa Tepus, Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta. Untuk rute perjalanan menuju tempat tersebut sedikit menanjak dan berkelok sehingga anda perlu berhati-hati agar selamat sampai tujuan. Dari kota Yogyakarta, perjalanan menuju tempat tersebut membutuhkan sekitar 2 jam dengan jarak 0 Km.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Seperti yang kita ketahui, pemerintah Gunung Kidul menetapkan satu harga di satu tempat retribusi untuk memasuki beberapa deretan pantai. Hanya dengan sekali membayar, pengunjung dapat menikmati beberapa pantai yang ada di kawasan tersebut. adalun untuk harga tiket masuk pantai tersebut adalah Rp 10.000 saja.

Bagi anda yang berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi, alman dikenai biaya tambahan untuk parkir yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Jika anda ingin melakukan snorkeling, untuk biaya penyewaan akan dikenai biaya sebesar Rp 50.000 saja. Namun harga yang kami cantumkan di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola.

Fasilitas

Pantai ini masih tergolong pantai yang baru dibuka sehingga untuk fasilitas masih belum selengkap pantai-pantai lainya. namun untuk fasilitas umum dan penunjang kebutuhan-kebutuhan dasar sudah disediakan oleh pihak pengelola. Adapun fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia diantaranya adalah toilet, warung makan, parkir, mushola dan lain sebagainya. Meskipun tempat ini belum menyediakan penginapan, namun sudah terdapat fasilitas lengkap untuk penyewaan snorkeling.

Jam buka

Mengingat pantai merupakan wisata Jogja dalam bentuk yang terbuka, maka pengunjung bisa berkunjung kapan saja. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan matahari terbit tentunya harus berangkat lebih pagi untuk mendapatkan pemandangan yang indah. sebaliknya, bagi pengunjung yang ingin mendapatkan pemandangan matahari terbenam sebaiknya berkunjung saat sore hari. Namun untuk tiket retribusi biasanya dibuka dari pukul 07.00 hingga 17.00 saja.

Pantai Nglambor menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang memiliki keindahan tersendiri. Oleh karenanya, tidak heran jika Pantai Nglambor sering dijadikan sebagai pilihan untuk berlibur bersama keluarga dan menghabiskan akhir pekan. Nah bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan bawah laut yang beragam, pantai ini dapat dijadikan sebagai pilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here