Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

0
52
Asuransi Mobil, Asuransi Mobil Terbaik, Memilih Asuransi Mobil
Asuransi Mobil, Asuransi Mobil Terbaik, Memilih Asuransi Mobil

Pondokgue.comTips Memilih Asuransi Mobil Terbaik – Bagi pengguna kendaraan roda 4, asuransi adalah kebutuhan wajib yang seharusnya dimiliki. Kenapa? Karena kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya nanti di jalan raya. Untuk itu, pemilihan asuransi juga tidak boleh asal, harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Nah, disini pondokgue akan berbagi mengenai bagaimana tips memilih asuransi mobil terbaik untuk kendaraan anda.

Pertimbangkan Rekomendasi Dari Dealer

Ketika melakukan pembelian mobil di Dealer, mereka biasanya akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang cocok dan bagus untuk mobil kalian. Nah, pihak dealer tentu tidak memberikan rekomendasi tersebut secara asal karena jika asuransi yang direkomendasikan ternyata buruk, dealer juga akan terkena imbasnya.

Jadi, jika kalian belum pernah memakai asuransi sebelumnya, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan rekomendasi dari dealer tersebut. Kecuali, kalau kalian sudah pernah menggunakan jasa asuransi yang menurut anda sudah bagus, maka kalian bisa menimbang rekomendasi dari dealer tersebut.

Sesuaikan Dengan Kemampuan Bayar

Tips kedua dalam memilih asuransi adalah sesuaikan dengan kemampuan kalian dalam membayar polis asuransi. Ketika sudah memilih dan memilah asuransi yang dibutuhkan, maka hal yang harus diperhatikan adalah biaya bulanan dari asuransi tersebut. Pastikan bahwa biaya bulanannya tidak membebani kalian ya.

Alangkah baiknya sebelum memutuskan mengambil asuransi, diskusikan dengan keluarga dan kerabat agar mendapat lebih banyak masukan.

Jangan Terburu Buru Memilih

Selanjutnya, ketika sudah berdiskusi dengan keluarga dan membandingkan harga premi masing masing polis, jangan buru buru melakukan pendaftaran asuransi, tetapi kalian juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti kredibilitas perusahaan, prosedur klaim, bengkel rekanan, rasio keluhan, fitur layanan, dan lain-lain.

Jika perlu, untuk semakin meyakinkan pilihan kalian, datangi kantor asuransi terdekat dari tempat kalian untuk bisa menanyakan lebih lanjut informasi yang sudah kalian dapatkan.

Pilih Produk Asuransi Yang Tepat

Setelah sudah menemukan produk asuransi yang tepat dan cocok, tahap selanjutnya adalah memilih jenis produk asuransi yang akan kalian gunakan. Biasanya, akan ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa dipilih, diantaranya adalah Asuransi All Risk dan Total Loss Only.

Asuransi all risk, adalah salah satu jenis asuransi yang akan menjamin seluruh resiko yang mungkin terjadi pada mobil anda, tetapi biasanya juga ada beberapa pengecualian dalam polis asuransi yang sebaiknya kalian pahami terlebih dahulu agar nantinya tidak menjadi bumerang.

Asuransi Total Loss Only adalah jenis asuransi yang hanya menjamin kerusakan kendaraan di atas 75% saja. Nah, jika kerusakan akibata kecelakaan kecil dimana tingkat kerusakannya di bawah 75% maka kalian tidak dapat melakukan klaim asuransi.

Jadi, sebelum benar benar memilih produk asuransi untuk mobil kalian, pelajari dengan benar setiap produk yang tersedia, hal ini untuk memaksimalkan pelayanan yang akan kalian dapatkan nantinya.

Lengkapi Dokumen Yang Dibutuhkan

Tips terakhir untuk memilih asuransi mobil adalah jika sudah memilih dan memilah semua hal adalah, lengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Semua perusahaan asuransi biasanya menyaratkan dokumen yang relatif sama, mungkin ada beberapa sedikit perbedaan juga sih.

Namun, diluar perbedaan itu, berikut adalah syarat-syarat dokumen yang harus ada ketika mengajukan asuransi untuk mobil kalian:

  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Foto Copy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Membawa Surat Ijin mengemudi (SIM)
  • Membawa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP) bagi warga negara asing

Nah, jika kalian sudah melengkapi syarat dokumen diatas, maka kalian sudah bisa melakukan pendaftaran asuransi mobil. Mudah bukan?

Demikian artikel pondokgue tentang Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik. Semoga bisa membantu kalian yang saat ini sedang melakukan riset dalam hal memilih asuransi untuk mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here