5 Cara Mudah Menjadi Seorang Penulis

1
71
5 Cara Mudah Menjadi Seorang Penulis
5 Cara Mudah Menjadi Seorang Penulis

Pondokgue.com5 Cara Mudah Menjadi Seorang Penulis – Menjadi penulis bagi sebagian orang adalah sesuatu yang sangat sulit. Karena bagi orang orang yang beranggapan demikian, menulis bukanlah sebuah hal yang bisa dilakukan dengan santai dan bisa dilakukan dimana saja. Padahal, sebaliknya! Menulis adalah hal yang paling mudah dilakukan oleh banyak orang loh. Bahkan saat ini, di sosial media banyak orang yang mulai piawai menulis meskipun berupa celoteh harian mereka. Bukankan itu cukup mudah?

Melihat fakta tersebut, disini pondokgue akan sedikit berbagi, bagaimana sih cara mudah menjadi seorang penulis? Mengingat pondokgue juga sering menulis di blog ini, maka tidak ada salahnya jika akan saya bagikan bagaimana cara agar kalian menjadi lebih mudah untuk menulis sesuatu. Sudah siap? Mari mulai dengan langkah dibawah ini.

Menulis

Cara pertama dan tergolong mudah untuk dilakukan oleh seorang Penulis adalah MENULIS! Yups, kalian tidak salah baca. Jika ingin menjadi seorang penulis, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menulis.

Tulis apa saja yang ingin kalian tulis, dari mengamati sekitar, atau daru keresahan hidup kalian atau apa yang ada dipikiran kalian. Tahap ini tentunya akan lebih mudah, jika kalian menganggap menulis itu seperti membuat sebuah status di Facebook atau sebuah Tweet di Twitter, hanya saja dengan kata yang lebih banyak dan dengan sudut pandang yang lebih detail, sehingga nantinya tulisan kalian akan lebih memiliki karakter tersendiri. Jadi, mulailah menulis dari sekarang!

Membaca

Selanjutnya, untuk menjadi seorang penulis, hal yang harus kalian lakukan juga adalah membaca. Tentu saja untuk menambah cakrawala pemahaman dan menambah data pada tulisan kalian, perlu banyak membaca buku tentang tema yang akan dibahas.

Hal ini untuk memperkuat argumen yang nantinya akan kalian tulis pada setiap tulisan kalian, sehingga ketika ada sanggahan, kalian bisa memberikan data yang akurat untuk mempertanggungjawabkan tulisan kalian.

Membaca disini tentu saja bisa juga dilakukan dengan membaca masyarakat dan atau juga membaca suasana sekitar kalian. Membaca lingkungan bisa membuat tulisan kalian seperti hidup karena membahas hal hal yang dekat dengan masyarakat.

Mencari Inspirasi

Setelah melakukan dua hal diatas, cara selanjutnya kalian bisa mencari inspirasi. Inspirasi ini bisa diperoleh dimana saja, bisa melalui facebook ketika sedang melakukan scrooling timeline, atau bisa juga melalui obrolan obrolan di warung kopi bersama teman teman.

Sedikit tips untuk kalian yang sedang mencari inspirasi, selalu sedia bolpoin atau aplikasi catatan di smartphone kalian, karena biasanya, inspirasi bisa datang begitu saja tanpa melihat waktu dan tempat. Nah, jika inspirasi itu datang dan kalian lupa tidak mencatatnya, maka yang muncul hanyalah penyesalan karena bisa saja kita lupa dengan apa yang sudah kita pikirkan tadi.

Open Minded

Cara selanjutnya untuk dapat menjadi seorang penulis yaitu Open Minded, ini berarti kalian harus siap menerima informasi dari berbagai arah. Karena terkadang, mau tidak mau kita harus menulis apa yang sebenarnya tidak ingin kita tulis, namun karena hal tersebut harus di informasikan, maka kita harus menulisnya.

Menjadi Open Minded akan membuat tulisan kalian menjadi bervariatif dan semakin tajam untuk dibaca. Jadi, jangan menutup diri, guys!

Jangan Anti Kritik

Terakhir, untuk menjadi seorang penulis yang baik, jangan Anti Kritik. Ketika ada seorang pembaca yang ingin memberi masukan kepada kalian, maka terimalah dengan tangan terbuka setiap masukan yang mereka sampaikan.

Ingat, tanpa pembaca yang kritis, tulisan kalian tidak akan bisa berkembang.

Demikian adalah tips dari saya sebagai pemilik blog Pondokgue tentang 5 Cara Mudah Menjadi Seorang Penulis. Terapkan dengan baik dan biarkan tulisan kalian mempengaruhi banyak orang.

Sekian!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here