Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

0
33
Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi
Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Pondokgue.comCara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Bagi orang tua, kesehatan anak ketika bayi harus sangat diperhatikan karena berpengaruh pada tumbuh kembang si buah hati. Salah satu hal yang banyak dialami dan terjadi di banyak bayi adalah Biang Keringat. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi biang keringat pada bayi.

Sebelum masuk ke bagaimana cara mudah atasi biang keringat, perlu kita sampaikan terlebih dahulu bahwasa baisanya biang keringat bisa muncul dikarenakan cuaca yang lembap dan panas atau biang keringat bisa juga muncul ketika si kecil demam dan banyak berkeringat.

Namun, bisa juga biang keringat terjadi dikarenakan pori-pori pada kulit bayi tersumbat dan menyebabkan keringat tidak bisa keluar. Kebanyakan, biang keringat bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari jika tidak terjadi infeksi. Nah, untuk itu bunda perlu tahu cara yang mudah dan tepat untuk mengatasi biang keringat, apa saja itu? Simak terus artikel ini.

Hindari Udara Panas dan Lembap

Cara pertama mengatasi biang keringat pada bayi yaitu pindahkan si kecil ke ruangan yang cukup sejuk dan teduh ketika bayi mulai berkeringat. Jika terdapat ruangan yang menggunakan AC atau Kipas Angin, sangat disarankan bunda tidak mengarahkan angin langsung mengenai tubuh bayi.

Selain itu, jika akan melakukan kegiatan di luar rumah, siapkan kipas dan topi untuk buah hati anda. Satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah pastikan si kecil minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi dan mengganti semua cairan yang hilang melalui keringat.

Perhatikan Jenis Pakaian

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi biang keringat pada bayi bunda adalah dengan memilih pakaian dari serat alami untu si buah hati, seperti pakaian berbahan katun misalnya.

Hindari juga pemakaian pakian dari kain sintetis berbahan poliester dan nilon karena dua bahan tersebut dapa memerangkap panas yang menyebabkan si buah hati bunda bakal sering berkeringat.

Tips lain yang bisa bunda lakukan adalah memakaikan pakaian yang longgar kepada si kecil, atau bisa juga sesekali biarkan anak anda tidak memakai pakaian dalam beberapa waktu, namun usahakan tidak kedinginan.

Jangan Terlalu Sering Digendong

Hal ketiga yang perlu diperhatikan untuk mengatasi biang keringat adalah jangan terlalu sering menggendong bayi apabila cuaca panas. Hal ini dikarenakan ketika bayi di gendong, maka si Kecil harus berhadapan dengan dua sumber panas yaitu Cuaca dan juga suhu tubuh si penggendong.

Nah, jika cuaca sedang panas, sebaiknya tidurkan si kecil di ranjang dan biarkan dia bermain di sana.

Jaga Kulit Bayi Tetap Sejuk

Cara selanjutnya untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah jaga agar kulit si kecil tetap sejuk. Proses penyejukan kulit ini bisa dilakukan dengan mengelap bagian tubuh bayi dengan kain basah atau bisa juga dimandikan dan biarkan tubuh si bayi mengering dengan sendirinya.

Pakai Lotion dan Krim Jika Diperlukan

Cara terakhir yang bisa bunda pakai untuk mengatasi biang keringat adalah dengan menggunakan lotion. Penggunaan lotion atau krim ini tidak bisa setiap saat, namun hanya pada kasus kasus tertentu, seperti jika si kecil menangis ketika kulitnya tersentuh.

Jika biang keringat pada kulit bayi tergolong agak parah, bunga bisa menggunakan krim hidrokortison yang tentu saja harus mendapat resep dari dokter.

Nah, cukup mudah bukan cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa bunda terapkan dirumah? Selebihnya, tinggal bunda praktekan saja cara cara yang sudah kita bahas dalam artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here