Tips Aman Berbelanja Di Situs Jual Beli Mobil

0
85
Tips Aman Berbelanja Di Situs Jual Beli Mobil
Tips Aman Berbelanja Di Situs Jual Beli Mobil

Pondokgue.comTips Aman Berbelanja Di Situs Jual Beli Mobil – Pesatnya perkembangan Teknologi dan Internet memang layak mendapat pujian, karena Teknologi dan Internet sudah hampir bisa mempermudah kita khususnya dalam berbelanja. Dengan begini kita bisa melakukan banding harga dan kelayakan yang ditawarkan oleh beberapa kompetitor di pasar online.  Fasilitas yang ditawarkan ini tentu saja dimanfaatkan juga oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Misalnya dalam beberapa kasus penipuan yang berbasis situs jual beli mobil online.

Dengan munculnya para kriminal ini, tidak seharusnya kita menanggalkan kemudahan yang sudah Internet sediakan. Nah, dari sini kami merespon dengan memberikan beberapa tips untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika menggunakan situs jual beli mobil. Diantaranya:

Melakukan analisis terhadap website

Dalam contoh kasus ini, terdapat banyak sekali situs-situs jual beli mobil yang sedang berkompetisi. Kalau kita melakukan search di Google dengan keyword “situs jual beli mobil”, pastilah akan muncul banyak sekali pilihan yang tersedia. Namun, anda tak perlu jauh-jauh scroll ke page ke 10, yang perlu anda lakukan cukup membuka website tersebut dan melihat landing page nya. Website yang masih buruk desainnya dan informasi yang tidak jelas/lengkap kepemilikannya, sudah hampir bisa dipastikan kalau website tersebut adalah fake (palsu), atau website tersebut masih terhitung baru.

Nah, dengan beberapa informasi tersebut, sudah cukup bagi kita kita untuk menilai reputasi website tersebut. Umumnya dengan reputasi website yang baik, website tersebut akan muncul di page pertama pencarian Google.

Menilai kelayakan Seller

Setelah anda melakukan tips pertama dan menemukan website yang terpercaya, selanjutnya anda melihat lebih jauh kepada produk. Terkadang dalam sebuah website, terdapat banyak sekali mobil yang dijual dengan Seller yang berbeda-beda. Kalau diibaratkan, website adalah sebuah Mall, di dalam Mall ini pastilah anda menemukan beberapa orang yang berjualan.

Saran saya kali ini, meski website tersebut memiliki reputasi yang baik, akan lebih aman kalau anda melihat juga kelengkapan identitas dari si penjual. Yang perlu anda lakukan, temukan mobil impian anda kamudian klik bagian informasi tentang penjual mobil tersebut dan lihatlah kelayakannya juga.

Menghubungi Seller

Setelah anda berhasil melakukan kedua tips di atas, lebih pastikan lagi keamanannya dengan menghubungi seller yang bersangkutan secara langsung. Kalau perlu mintalah identitasnya lagi dan surat-surat yang menjadi bukti kepemilikan mobil tersebut. Dengan begini, anda sudah bisa melanjutkan transaksi dengan seller tersebut.

Memastikan kelayakan barang

Dalam sebuah website yang memiliki reputasi bagus dan penjual yang terpercaya, terkadang masih terjadi beberapa problem tentang barang yang dia jual. Terlebih dalam jual beli mobil, banyaknya contoh gambar di Internet menjadikan seller dengan mudah mencopy gambar tersebut dalam website. Hal ini sangat wajar, karena agar menambah potensi mobil tersebut terjual lebih besar.

Saran saya, jangan percaya 100% terhadap gambar yang dijadikan display dalam website. Untuk memastikan hal tersebut, mintalah real pict (gambar asli) barang tersebut. Atau kalau perlu, cek secara langsung.

Memastikan kualitas barang/mesin

Setelah anda sudah semakin mantap akan membeli barang tersebut, hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah melakukan uji performa dari barang/mobil tersebut. Pada tips terakhir ini saya sangat menyarankan anda untuk datang secara langsung ke lokasi tersebut dan mencoba sendiri mobil tersebut demi kepastian dan terhindarkan dari rasa kecewa terutama kalau anda sedang membeli mobil bekas. Atau kalau memang anda benar-benar tidak bisa datang ke lokasi dengan beberapa alasan, mintalah rekaman video atau suara mesin mobil tersebut.

Demikian adalah tips aman berbelanja di situs jual beli khususnya mobil dari kami, tips-tips tersebut patut anda kuasai terutama dalam bertransaksi dengan barang yang mempunyai nominal tinggi seperti mobil. Saran terakhir yang paling terakhir dari saya, dalam jual beli online seperti yang kita ketahui, banyak sekali kompetitor yang anda temui. Akses yang mudah ini bisa sangat menguntungkan kita dalam mengetahui persaingan mereka terhadap fasilitas seperti kualitas mobil atau kemurahan harga. Jadi, silahkan menawar dengan harga terendah yang bisa anda dapatkan. Kemudian pilihlah metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi ekonomi anda, apakah secara cash atau kredit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here