Proses Perkembangan Gigi Susu Anak

0
60
Proses Perkembangan Gigi Susu Anak
Proses Perkembangan Gigi Susu Anak

Pondokgue.comProses Perkembangan Gigi Susu Anak – mengamati perkembangan gigi susu anak adalah hal yang penting dan akan mempengaruhi pertumbuhan gigi mereka hingga dewasa nanti. Hal ini yang sangat jarang diketahui oleh kebanyakan orang tua di Indonesia.

Proses perkembangan gigi susu dimulai dari munculnya gigi susu satu persatu lalu kemudian tanggal dan baru setelah itu gigi yang tumbuh selanjutnya merupakan gigi permanen. Semua proses pertumbuhan gigi tersebut, jika dirawat dengan baik, maka akan berpengaruh positif terhadap tumbuh kembang anak.

Pertumbuhan gigi susu pada anak atau yang lebih dikenal dengan sebutan teething. Teething sendiri secara spesifik dikenali sebagai proses dimana gigi susu bayi mulai muncul dan keluar dari gusi anak.

Nah, pertumbuhan gigi susu ini tidak serta merta langsung muncul sekaligus pada gusi anak secara serentak, tetapi ada tahapan tahapan mulai dari bulan pertama hingga akhirnya semua gigi berhasil tumbuh dengan sempurna. Berikut akan kita bahas periodik pertumbuhan gigi susu anak yang kita bagi pada 6 poin, diantaranya adalah:

Awal Mula Bakal Gigi Bayi: 0-3 Bulan pertama

Sebenarnya, ketika sedang berada di dalam kamdungan, proses pertumbuhan gigi sudah dimulai, kurang lebihnya ketika janin berusia 6 minggu.

Kemudian, perlahan lahan janin secara teratur mulai menumbuhkan cikal bakal gigi saat janin memasuki usia 3 atau 4 bulan. Selanjutnya, ketika bayi telah lahirpun, calin bakal gigi tersebut akan tersembunyi dan belum muncul hingga bayi berusia diatas 3 bulan.

Meski demikian, ada beberapa kasus yang sangat jarang terjadi dimana bayi tersebut memiliki gigi yang sudah tumbuh meski sangat kecil. Jika hal ini terjadi pada bayi anda, jangan panik dan tetap tenang, karena gigi anak tetap bisa tumbuh dengan normal tanpa ada masalah.

Gigi Susu Pertama Muncul: Usia 3 hingga 8 bulan

Tahap kedua pertumbuhan gigi susu pada bayi yaitu antara 3 bulan hingga 8 bulan. Umumnya, banyak bayi mulai terlihat tumbuh giginya pada usia 6 bulan, tapi tak sedikit juga bayi yang pertumbuhan giginya baru terlihat secara maksimal ketika usia memasuki 8 bulan.

Nah, pada rentang ini gigi yang akan tumbuh adalah barisan gigi seri tengah dan bawah. Biasanya, gigi yang pertama kali muncul adalah sepasang gigi seri bawah yang disusul dengan kemunculan gigi seri atas. Banyak orang menyebut proses tumbuhnya gigi seri pertama ini sebagai Erupsi Gigi.

Salah satu tanda mulainya erupsi gigi pada buah hati anda adalah terjadinya gejala demam dan rewel. Jika hal ini teradi, tidak usah khawatir karena merupakan proses alami yang terjadi pada banyak bayi di seluruh dunia.

Jika gejala demam ini terjadi, bunda bisa membantu meringankan gejalanya dengan mengusap gusi si kecil dengan handuk yang sudah dicelupkan pada air dingin.

Pertumbuhan Gigi Seri Atas : Usia 8 hingga 12 bulan

Tahap ketiga pada pertumbuhan gigi seri susu pada anak akan terjadi hingga memasuki usia 12 bulan. Pada periode ini, biasanya si kecil sudah memiliki rangkaian gigi seri atas yang lengkap dan terlihat lucu.

Pertumbuhan Gigi Seri Bawah: Usia 12 hingga 16 bulan

Kemudian, tahap ke empat terjadi pada rentang bulan ke 12 hingga ke 16 dimana pertumbuhan gigi lebih fokus terhadap gigi seri bagian bawah. Tidak berhenti sampai disitu, pertumbuhan gigi seri juga akan berlanjut pada deretan gigi seri samping yang perlahan akan melengkapi rangkaian gigi seri buah hati anda.

Pertumbuhan Gigi Taring dan Munculnya Geraham: Usia 16 hingga 24 bulan

Nah, pada usia 16-24 bulan, gigi yang akan mulai tumbuh pada gigi buah hati anda adalah rangkain gigi taring dan geraham. Pertumbuhan ini dimulai dari gigi taring atas dan akan berlanjut dengan munculnya gigi taring bawah hingga usia anak mencapai 24 bulan.

Ketika usia sudah mencapai 2 tahun, bayi biasanya sudah memiliki rangkaian gigi seri dan gigi taring yang lengkap. Pada tahap ini juga gigi geraham sedikit demi sedikit mulai muncul dan mulai membantu buah hati anda untuk mengunyah makanan dengan lebih halus.

Gigi geraham pertama yang akan muncul adalah gigi geraham kecil di samping gigi taring, baru setelah itu gigi geraham besar akan menyusul tumbuh. Gigi geraham besar ini yang nantinya mempunyai peran yang besar karena sangat penting untuk membantu si kecil menghancurkan makanan hingga lembut sehingga mudah ditelan dan dicerna.

Jumlah Gigi Susu Anak menjadi Lengkap: Usia 2 hingga 4 tahun

Tahap terakhir dalam proses panjang pertumbuhan gigi susu anak terjadi ketika usia anak berada di kisaran 2-4 tahun. Pada periode ini gigi susu akan terus tumbuh hingga lengkap 20 buah. Gigi susu ini akan terus tumbuh dan berfungsi dengan baik hingga nantinya terus berkembang menjadi gigi dewasa.

Proses pergantian gigi susu ke gigi dewasa merupakan proses yang sangat panjang, karena terjadi ketika usia anak berada di kisaran 6 tahun hingga 12 tahun.

Perlu ditekankan kembali bahwa tidak masalah jika nantinya proses pertumbuhan gigi buah hati anda sedikit terlambat atau bahkan lebih cepat dari estimasi diatas. Karena hal tersebut dipengaruhi juga oleh asupan gizi dan kondisi kesehatan buah hati anda.

Semoga artikel yang disadur dari halaman resmi pepsodent ini dapat membantu bunda memahami Proses Perkembangan Gigi Susu Anak bunda. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here