Steak Tempe, Resep Mudah Untuk MPASI 8 Bulan

0
24
Steak Tempe, Resep Mudah Untuk MPASI 8 Bulan
Steak Tempe, Resep Mudah Untuk MPASI 8 Bulan

Pondokgue.comSteak Tempe, Resep Mudah Untuk MPASI 8 BulanPerkembangan bayi memang harus menjadi perhatian utama untuk ayah dan bunda. Apalagi jika usia anak masih dibawah satu tahun. Biasanya, ketika anak sudah masuk usia 6 bulan, orang tua akan mulai memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau biasa di kenal dengan sebutan MPASI. Disini, saya akan membagikan salah satu resep mpasi 8 bulan dengan bahan yang mudah dan bisa ditemukan setiap hari.

Bahan utama dari resep mpasi 8 bulan ini yaitu Tempe, dan saya menyebutnya Steak Tempa. Tidak susah bukan untuk mencari tempe di sekitar tempat tinggal bunda? Kenapa harus tempe? Karena di negara kita ini, tempe menjadi salah satu pilihan makanan pendamping nasi. Tempe sendiri memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi buah hati seperti asam lemak, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K, mineral, serta antioksidan. Selain itu, tempe rendah sodium dan karbohidrat.

Nah, apa saja sih resep yang dibutuhkan untuk membuat steak tempe? Ini dia selengkapnya:

Bahan Bahan Steak Tempe MPASI 8 Bulan

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat steak tempe sangatlah mudah dan gampang dicari, beberapa bahan itu antara lain:

  • ½ papan tempe segar yang belum terlalu terfermentasi
  • ½ sendok makan tepung terigu
  • Garam

Selain bahan pokok diatas, kita juga membutuhkan bahan bahan untuk membuat saus untuk disajikan dengan steak tempe ini, bahan bahan dari saus tersebut yaitu:

  • 1 buah saus tomat
  • 1 siung bawang putih
  • Bawang bombai secukupnya
  • ½ sendok teh tepung maizena
  • 1 sendok makan air
  • Jagung, kol, dan wortel (rebus dan potong kecil-kecil)

Cara Memasak Steak Tempe MPASI 8 Bulan

Jika bahan bahan diatas sudah tersedia semuanya, sekarang adalah saat yang tepat untuk memasaknya. Kita akan mulai dari step step pertama.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukus tempe beserta sayuran pelengkap sampai matang dan empuk sehingga membuat bayi nantinya mudah mencerna steak tempe ini.

Setelah tempe dan sayuran matang segera pisahkan sayuran pelengkap dan haluskan tempe dengan blender atau ditumbuk biar menjadi semakin lembut untuk bayi usia 8 bulan.

Selanjutnya, cara ketiga yaitu campurkan tempe dengan tepung terigu dan sedikit garam. Kemudian uleni hingga tercampur rata. Bentuk bulat, pipihkan, lalu goreng hingga matang; tiriskan.

Langkah keempat yaitu membuat saus dengan bahan bahan yang sudah disebutkan diatas, buat saus dengan menumis semua bahan hingga teksturnya agak kental.

Terakhir, sajikan tempe dengan sayuran pendamping yang sudah dikukus dan siraman saus.

Untuk memasak steak tempe ini, durasi yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 40 menit, dengan rincian sebafai berikut; persiapan memasak 15 menit, dan waktu memasaknya kurang lebih sekitar 25 menit.

Cukup mudah bukan untuk membuat steak tempe untuk MPASI 8 bulan ini? Sebenarnya masih banyak resep resep lain dengan bahan yang juga tidak kalah mudah untuk ditemukan. Namun, karena tempe juga memiliki kandungan gizi yang cukup untuk kebutuhan bayi, maka tidak ada salahnya jika bunda mencoba terlebih dahulu resep diatas.

Demikian Resep Membuat Steak Tempe untuk MPASI 8 Bulan yang bisa pondokgue bagikan hari ini, jangan lupa sebarkan ke tetangga dan saudara untuk dapat membuat steak tempe ini dirumah mereka masing masing ya bunda!

Nah, untuk bunda yang sudah mencoba resep ini, tidak ada salahnya untuk membagikan pengalamana pribadinya melalui kolom komentar dibawah ini, agar bisa menjadi motivasi dan pelajaran bagi bunda bunda yang lainnya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here