Resep Donat Kentang Yang Mudah Dibuat

0
54
Resep Donat Kentang Yang Mudah Dibuat
Resep Donat Kentang Yang Mudah Dibuat

Pondokgue.comResep Donat Kentang Yang Mudah Dibuat – Indonesia dikenal sebagai salah satu Negara yang mempunyai banyak makanan khas, baik di kota kota besar maupun di pelosok daerahnya. Namun, dari banyaknya menu makanan yang tersedia, salah satu makanan dan camilan yang paling disukai banyak orang adalah Donat Kentang. Selain karena mudah dibuat, Resep Donat Kentang juga menggunakan bahan bahan yang mudah ditemukan.

Nah, disini kita akan sedikit mengulas bagaimana sih cara mudah untuk membuat Donat Kentang? Lalu, bagaimana prosedur dan bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Donat kentang? langsung saja kita ulas dibawah ini yuk.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan:

Diatas sudah sedikit dijelaskan bahwa untuk membuat Donat Kentang, bahan bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan di sekeliling kita, untuk lebih detailnya, dibawah ini bahan bahan lengkap untuk resep donat kentang yang akan kita buat hari ini:

  • 500 gr tepung terigu serbaguna
  • 75 gr margarin Blue Band Cake and Cookie
  • 200 gr kentang yang sudah dikupas, dikukus, dan didinginkan
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin
  • 100 gr gula halus
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 gr ragi instan
  • ¼ sdt garam

Bahan Pembuatan Topping:

Selain bahan bahan pokok diatas, diperlukan juga sedikit bahan untuk membuat topping pada donat yang akan dibikin. Dibawah ini adalah bahan pembuatan toping yang kita rekomendasikan, namun bisa diganti sesuai dengan selera masing masing untuk toppingnya.

  • Gula halus secukupnya
  • 250 gr dark cooking chocolate yang sudah dipotong lalu dilelehkan dengan cara melakukan penguapan kepada coklat hingga meleleh.

Langkah Penyajian

Jika semua bahan diatas sudah didapatkan, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengikuti langkah langkah membuat donat kentang dibawah ini, perhatikan setiap langkah yang ada pada instruksi dibawah ini agar Donat Kentang yang kalian buat bisa mantap maksimal dari segi rasa dan tampilan.

Langkah Pertama yaitu, campurkan tepung terigu, ragi, dan gula halus ke dalam satu wadah. Aduk sebentar hingga ketiga bahan tersebut tercampur. Lalu masukkan kentang dan kuning telur ke dalam adonan tersebut.

Selanjutnya, tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diuleni. Lakukan langkah ini sampai air dingin habis dan adonan menjadi kalis.

Setelah adonan sudah kalis, tambahkan margarin Blue Band Cake and Cookie dan garam. Uleni kembali agar semua bahan tercampur rata. Tutup wadah berisi adonan dengan kain lap bersih dan diamkan selama 20 hingga 30 menit.

Ketika adonan donat sudah mengembang. Kempiskan adonan donat tersebut lalu cetaklah dengan cetakan khusus donat. Diamkan kembali adonan donat yang sudah dicetak selama 20 menit.

Jika sudah lewat 20 menit, adonan donat yang sudah dicetak pun siap digoreng. Panaskan wajan berisi minyak goreng dengan api kecil. Saat minyak sudah panas, masukkan donat ke dalam wajan. Jangan masukan donat terlalu banyak supaya temperatur minyak goreng tidak turun drastis.

Goreng donat hingga kedua sisinya matang dan berwarna cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan donat yang sudah matang. Diamkan sejenak agar uap panasnya hilang. Celupkan permukaan donat pada dark cooking chocolate yang sudah dicairkan. Untuk pilihan topping lainnya, donat bisa ditaburkan dengan gula halus. Donat kentang pun siap disajikan.

Cukup mudah untuk di ikuti kan cara membuat donat kentang diatas? Jika kalian berhasil jangan lupa untuk berkomentar dan membagikan artikel ini di sosial media kalian ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here