Memilih dan Memilah Berita Pilpres di Era Politik

0
69
Memilih dan Memilah Berita Pilpres di Era Politik
Memilih dan Memilah Berita Pilpres di Era Politik

Pondokgue.com – Memilih dan Memilah Berita Pilpres di Era Politik – Tahun ini, Indonesia akan menggelar pesta demokrasi terbesar yaitu Pemilu. Ngomongin pemilu tentu akan merambat pada perdebatan mengenai Politik dan lain sebagainya. Maka tak heran, jika beberapa minggu terakhir ini dan tentunya akan berlanjut beberapa bulan ke depan, akan banyak berita pilpres yang akan lebih sering terlihat di berana sosial media kita. Lalu apa tugas kita? Tugas kita adalah memilah dan memilih berita politik tersebut. Mana yang merupakan sumber yang benar, terpercaya dan bukan berita hoaks

Sebagai pengguna sesial media, tentunya kita juga harus pintar untuk melihat apakah suatu berita itu layak untuk kita bagikan atau tidak. Kominfo sendirii sudah memberikan peringatan kepada kita, bahwa ada 5 hal yang harus kita lihat sebelum menyebarkan berita, baik berita politik ataupun berita lain ke dalam sosial media, alih alih memberikan informasi, malah akan menjadi boomerang penyebaran hoax jika kita salah melakukan share informasi yang ada. Apa saja 5 hal yang harus di lihat sebelum melakukan share berita? kita bahas yuk.

Perhatikan Judul Berita

Hal terpenting sebelum melakukan share berita adalah, amati judul artikel yang sedang anda baca. Jika terdapat bumbu yang provokativ dan cenderung menjatuhkan seseorang, segera hindari untuk melakukan share berita tersebut.

Terkadang, berita dengan judul yang provokatif diambil dari sumber yang resmi, hanya saja sedikit dirubah untuk menimbulkan persepsi sesuai dengan yang dikehendaki oleh pembuat berita. Apalagi, bukan rahasia umum, bahwa banyak sekali berita politik palsu yang menjurus kepada judgement kepada pihak tertentu. Jangan sampai kita terkena imbasnya.

Cermati Alamat Website

Hal kedua yang harus diperhatikan ketika membaca berita adalah pastikan alamat website yang anda baca benar benar dari media yang kredibel. Kredibel disini berarti benar benar berbadan hukum dan bisa dimintai klarifikasi. Minimal, dalam halaman website tersebut ada informasi kontak yang bisa dihubungi dan jelas alamat kantornya.

Jika kemudian, kita menemukan berita dengan alamat website yang kurang meyakinkan, segera urungkan keinginan anda untuk melakukan share berita dari halaman website tersebut.

Dewan Pers sendiri pada tahun 2017 mencatat setidaknya terdapat sekitar 43.000 Website dan Situs di Indonesia yang mengklaim halaman mereka sebagai portal berita.

Periksa Kembali Fakta Berita

Setelah dua point diatas, yang perlu di cek kembali ketika menerima sebuah berita adalah melakukan Re-Check fakta. Mengingat di era teknologi seperti saat ini, tidak sedikit sekali oknum oknum yang melakukan manipulasi data untuk kepentingan pribadi, maka setidaknya kita sebagai pembaca juga harus cerdas melihat situasi.

Beberapa point yang perlu di cek adalah, sumber dari berita yang beredar, apakah benar institusi resmi, seperti Polri atau KPK? Dan perlu di ingat untuk menekankan kepada diri sendiri tentang jangan terlalu cepat percaya kepada informasi yang bersumber dari pegiat ormas, tokoh politik atau pengamat. Karena hal tersebut membuat objektivitas kita dalam melihat berita akan hilang.

Periksa Keasilan Foto

Pada kondisi seperti saat ini, tak jarang berita juga disebarkan melalui Foto atau hasil capture portal berita. Untuk itu, sebelum share ulang foto yang sudah anda dapat, pastikan bahwa berita tersebut benar berasal dari situs yang dicantumkan namanya. Caranya cukup mudah, ketikkan judul artikel yang ada pada foto, jika tidak ada di halaman pencarian, maka bisa dipastikan itu Hoax.

Selain itu, periksa juga pada setiap foto yang berasal di sosial media atau grup WhatsApp, karena bisa jadi artikel atau tulisan yang disertakan dengan foto tidak sesuai, sehingga muncul miss persepsi yang nantinya dapat menimbulkan prasangka yang buruk kepada siapapun yang fotonya digunakan.

Ikuti Grup Diskusi Anti-Hoax

Hal terakhir yang perlu dingat dalam memilih dan memilah berita pilpres dan politik adalah, selalu ikuti perkembangan di Grup Diskusi Anti-Hoax di sosial media. Karena disana akan banyak orang yang membantu melakukan cek dan validasi tentang sebuah berita, apakah itu asli atau tidak.

Jadi, jangan jadikan diri anda sendiri di sosial media sebagai sasatan empuk penyebaran Hoax oleh pihak pihak yang tidak bertangggung jawab.

Nah, berikut adalah cara yang tepat untuk Memilih dan Memilah Berita Pilpres di Era Politik. Semoga artikel ini dapat membantu memberikan informasi yang sesuai untuk anda,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here