Perbedaan Kabel VGA dan Kabel HDMI

0
105
Perbedaan Kabel VGA dan Kabel HDMI
Perbedaan Kabel VGA dan Kabel HDMI

Pondokgue.com – Perbedaan Kabel VGA dan Kabel HDMI – Bagi kalian yang baru saja tertarik dengan Komputer atau PC, tentunya akan bertemu dengan dua jenis kabel ini, yaitu Kabel VGA dan Kabel HDMI dan beberapa macam jenis kabel yang belum pernah kamu kenal.

Nah, disini pondokgue akan sedikit membantu kalian untuk bisa memahami fungsi dan perbedaan dari kedua jenis kabel diatas. Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih dulu tentang VGA dan HDMI itu sendiri.

Pengertian VGA

VGA adalah akronim dari Video Graphics Array yang merupakan sebuah antarmuka video yang bisa ditemukan di perangkat seperti Graphic Card (Kartu Grafis), Monitor, Proyektor dan Televisi. Antarmuka dini didasarkan pada konektor D-miniatur atau dikenal juga dengan D-sub dengan menggunakan jenis D-sub konektor DE-15. Sejak ditemukannya VGA oleh IMB, sampai saat ini VGA menjadi tampilan default untuk komputer.

Pengertian HDMI

HDMI adalah akronim dari High-Definition Multimedia Interface yang emrupakan konektor untuk menghubungkan berbagai macam perangkat elektronik seperti komputer, laptop, DVD Player, TV, Monitor dan juga Proyektor.

Jika VGA hanya bisa mengirim data gambar, maka HDMI adalah konektor generasi terbaru yang bisa mengirimkan data gambar dan data suara sekaligus. Dengan demikian, kalian tidak perlu menggunakan dua jenis kabel terpisah untuk mengirimkan data gambar dan suara ke perangkat TV atau monitor.

Secara umum, HDMI memiliki kualitas video yang bagus, perbedannya dengan VGA dapat dilihat ketika memutar atau menampilkan video pada resolusi 1080p, dimana video akan tampil lebih tajam dan jernih serta meminimalkan cahaya berlebih dibandingkan dengan analog.

Perbedaan VGA dan HDMI

  • VGA mulai dipublikasikan pada tahun 1987. Sedangkan HDMI diperkenalkan pada tahun 2002. HDMI adalah teknologi yang lebih baru dari VGS dengan fungsi yang lebih banyak.
  • VGA dirancang dengan mengacu pada analog, berupa kode warna. Sedangkan HDMI mengacu pada data digital berupa nilai satu dan nilai nol.
  • VGA hanya dapat menyampaikan video visual saja tanpa audio. Sedangkan HDMI bisa membaca data video pada visual dan audio dengan lebih jelas.
  • Konektor VGA terdiri dari 15 pin yang merupakan konektor DE-15. Sedangkan HDMI memiliki beberapa jenis port seperti tipe A, tipe B, tipe C, dan tipe D. Tipe A, C, dan D memiliki 19 pin sedangkan tipe B memiliki 29 pin.
  • Resolusi yang mampu dihadirkan VGA cenderung lebih rendah, yakni dengan resolusi terbesar 1366 x 768 pixel. Sedangkan HDMI mampu menghadirkan resolusi tinggi hingga 3840 x 2400 pixel pada tipe B.
  • Dilihat dari bentuknya, VGA port mempunyai bentuk yang lebih besar dengan jumlah pin yang lebih sedikit. Ini berkebalikan dari HDMI yang mampu memberikan bentuk kecil dan tipis walaupun pin yang disematkan lebih banyak.
  • Port VGA disertai dengan kabel yang tebal dan besar. HDMI hanya memerlukan kabel yang kecil seukuran dengan kabel charga handphone saja. 
  • Perangkat kecil seperti smart phone dan tablet tidak memiliki port VGA karena bentuk portnya yang lumayan besar. Port HDMI disertakan pada perangkat kecil high-end sekarang ini. Seperti produk macbook dan iphone.
  • Saat ini, harga kabel HDMI lebih tinggi dari harga kabel VGA dipasaran. Karena HDMI memberikan keuntungan yang lebih, sehingga pemakai HDMI lebih banyak.
  • LCD masa kini telah mengacu pada data digital. Sehingga ketika dihubungkan dengan port VGA, harus melalui 2 kali terjemahan. Dari digital ke analog, kemudian dari analog dikembalikan ke digital agar terbaca oleh LCD. HDMI tidak memerlukan dua kali konversi semacam ini.
  • Salah satu perbedaan HDMI dan VGA adalah HDMI merupakan teknologi terbaru sehingga kemungkinan akan terus diproduksi. Sedangkan VGA adalah produk pertama kali, dengan kelemahan yang sudah jelas. Kemungkinan besar VGA akan hilang untuk portable high-end beberapa waktu mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here