Pengalaman Pertama Naik Pesawat, Ini Hal Penting yang Harus Kamu Tau
Pengalaman Pertama Naik Pesawat, Ini Hal Penting yang Harus Kamu Tau

Pengalaman Pertama Naik Pesawat, Ini Hal Penting yang Harus Kamu Tau

Posted on

Pondokgue.com – Pengalaman Pertama Naik Pesawat, Ini Hal Penting yang Harus Kamu Tau – Bagi saya, pertama kali naik pesawat adalah pengalaman manis yang saya miliki. Pasalnya, pengalaman itu saya dapatkan pasca menikah dan saya pergi dengan suami. Rasanya itu seperti melakukan sesuatu yang baru dan memang benar-benar baru bagi saya. Memang saat itu saya tidak tahu-menahu tentang berapa banyak budget yang dihabiskan untuk naik pesawat. Rasanya, memegang tiket pesawat saja saya sudah bahagia, seperti orang-orang yang ada di dalam TV yang sering saya lihat itu deh.

Awalnya saya merasa takut karena harus terbang, tapi tentu saja rasa takut itu sirna seketika saat menggenggam tangan suami. Memang terkesan sangat norak sekali sih, tapi inti dari artikel kali ini adalah, saya ingin berbagi pengalaman naik pesawat pertama kali. Apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan pertama dengan pesawat menjadi perjalanan yang sukses dan menyenangkan.

Belilah Tiket Pesawat Seminggu Sebelumnya

Jika sudah memiliki rencana untuk bepergian, usahakan untuk membeli tiket pesawat jauh-jauh hari, maksimal seminggu sebelum keberangkatan. Pasalnya, harga tiket pesawat bisa sangat mahal jika kita membelinya dekat dengan hari keberangkatan.

Alih-alih menunggu promo pesawat murah, akhirnya kita mendapatkan harga tiket sampai dua kali lipat dari harga biasanya. Saran saya, belilah tiket pesawat melalui toko online seperti Bukalapak karena disana kamu bisa mendapatkan cashback.

Persiapkan Barang Bawaan Jauh Jauh Hari

Benar sekali, menyiapkan barang bawaan jauh-jauh hari sebelum kita bepergian memang pilihan yang sangat bijak. Hal ini untuk mengantisipasi kalau-kalau ada barang yang tertinggal atau perlu dibeli untuk dibawa.

Meskipun begitu, kadang masih saja ada barang-barang yang tertinggal. Pengalaman saya agar lebih mudah, biasanya saya akan buatlah list dari beberapa tempat yang sering kita singgahi seperti di dapur, depan laptop, di depan cermin. List bisa kita buat dengan gunakan note di handphone yang kita miliki. Dengan begitu, barang bawaan akan lengkap terbawa dan tidak ada yang tertinggal satupun.

Oh ya, kamu juga perlu memisahkan barang bawaan mu mana yang akan ditaruh dalam kabin dan mana yang harus dimasukkan ke bagasi.

Biasanya, barang yang dibawa kedalam kabin adalah makanan-makanan ringan, air minum serta barang-barang yang menurutmu mudah rusak. Jika barang yang kamu bawa tidak banyak atau besar, yang bobotnya tidak lebih dari 7 kg, sebaiknya kamu membawa barangmu ke kabin pesawat saja.

Datang Lebih Awal ke Bandara

Peraturan maskapai penerbangan menyarankan kita untuk datang lebih awal, setidaknya 90 menit sebelum keberangkatan. Masalahnya, kalau kita telah sepuluh menit saja, kita bisa tertinggal pesawat dan harus beli lagi tiket pesawat.

Meskipun harga tiket pesawat murah yang kita beli, tetap saja sayang sekali jika harus tertinggal pesawat. Perkirakan perjalanan menuju bandara dari rumahmu sebelum kita berangkat. Perkirakan juga di jalan macet atau tidak.

Setidaknya, berangkatlah 3 jam lebih awal dari rumah menuju bandara. Jika perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2 jam, estimasikan perjalanan tersebut menjadi 3-4 jam untuk mengantisipasi hal-hal tidak terduga yang terjadi di jalan.

Setelah Sampai, Segera Check In Apabila Sudah Buka

Check in pesawat biasanya dibuka satu jam setengah sebelum pesawat take off. Setelah sampai di bandara, segeralah check in untuk mendapatkan tiket pesawat terlebih dahulu.

Pisahkan barang bawaanmu, mana yang akan dibawa ke kabin dan ke bagasi ya. Lebih baik menunggu pesawat di ruang tunggu dari pada menunggu di luar dalam keadaan belum check in .

Dengan begitu, kamu akan merasa aman dan tidak takut ketinggalan pesawat. Semoga perjalanan pertamamu dengan pesawat menyenangkan ya.. Jangan lupa juga untuk tetap berdoa yang terbaik untuk keselamatanmu saat naik pesawat.

Tunggu, sedang memuat. . .
Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *