Ini Dia Rahasia Tempat Beli Motor Bekas di Bandung
Ini Dia Rahasia Tempat Beli Motor Bekas di Bandung

Ini Dia Rahasia Tempat Beli Motor Bekas di Bandung

Posted on

Pondokgue.com – Ini Dia Rahasia Tempat Beli Motor Bekas di Bandung – Berbelanja motor bekas memang merupakan sesuatu yang menggiurkan. Pasalnya, selain Anda bisa mencukupi kebutuhan akan sebuah transportasi dengan mudah, Anda juga bisa lebih menghemat biaya belanja yang Anda keluarkan. Hal ini mengingat harga sepeda motor bekas jauh lebih murah dibandingkan dengan harga motor baru.

Dengan kondisi sepeda motor yang masih bagus dengan penawaran harga yang murah membuat peminat bursa motor bekas di Bandung tidak kalah ramai dengan bursa motor baru. Salah satu tempat beli motor bekas di Bandung yang cukup populer adalah Pasar Motor Bekas Ciateul yang berada di Jalan Ciateul, Bandung.

Di sepanjang Jalan Ciateul ini terdapat deretan motor bekas di Bandung yang dijajakan. Anda bisa temukan berbagai macam motor bekas dengan mudah disini. Yang terpenting, jangan sampai Anda lupa melakukan cara balik nama motor setelah melakukan pembelian sebuah sepeda motor bekas. Hal ini agar memudahkan urusan Anda untuk kedepannya tanpa harus repot-repot meminjam KTP pemilik sebelumnya setiap kali harus memperpanjang STNK.

Syarat Balik Nama Motor Bekas

Sebelum Anda melakukan balik nama motor bekas di Bandung, pastikan terlebih dahulu kelengkapan data yang Anda butuhkan. Beberapa dokumen ini nantinya akan digunakan untuk melengkapi persyaratan prosedur balik nama di kantor SAMSAT. Apa saja dokumen yang harus dipersiapkan? Simak penjelasan berikut ini:

  1. Surat Tanda Nomor Kendaraan, baik asli dan fotokopiannya
  2. Kartu Tanda Penduduk Anda sebagai pemilik baru, baik asli dan fotokopiannya
  3. Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor, asli dan fotokopian
  4. Kwitansi pembelian motor bekas yang ditandatangani di atas materai.

Nah itulah beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi sebelum melakukan balik nama motor.

Prosedur Balik Nama Motor Bekas di Bandung

1. Datang Langsung Ke SAMSAT

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai prosedur balik nama motor bekas adalah datang secara langsung ke kantor Sistem Manunggal Satu Atap atau yang lebih sering dikenal dengan kantor SAMSAT. Bawa dokumen yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

2. Lakukan Tes Fisik

Tes ini dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik sepeda motor yang ingin Anda balik nama. Setelah selesai melakukan tes fisik kendaraan, Anda akan menerima hasil cek fisik tersebut yang kemudian akan diserahkan ke bagian loket pengesahan cek fisik khusus balik nama bersama dengan syarat lainnya.

3. Pendaftaran Balik Nama

Lakukan pendaftaran balik nama dengan menyerahkan semua kelengkapan data yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Petugas akan melakukan check pada kelengkapan data yang Anda serahkan dan akan segera memproses balik nama yang Anda ajukan. Biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 5 hari. Jangan lupa tanyakan kapan Anda harus kembali.

4. Pengambilan Notice dan Pembayaran Pajak

Datang kembali ke kantor SAMSAT untuk mengambil notice pajak. Anda akan menerima rincian biaya balik nama motor . Lakukan pembayaran di loket pembayaran.

5. Pengambilan STNK

Nah setelah Anda membayar pajak, Anda bisa menunggu proses pengambilan Surat Tanda Nomor Kendaraan yang sudah menjadi atas nama Anda. Hal ini akan jauh lebih mudah untuk proses ke depannya.

Nah itulah beberapa dokumen yang harus Anda siapkan untuk balik nama motor bekas di Bandung. Membeli motor bekas memang jauh lebih murah dibandingkan membeli motor baru, namun yang perlu Anda ingat pastikan bahwa kondisi motor yang Anda beli masih bagus beserta kelengkapan surat-surat yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar Anda tidak menyesal nantinya.

Tunggu, sedang memuat. . .
Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *