Mengetes Genset Listrik untuk Industri
Mengetes Genset Listrik untuk Industri

Mengetes Genset Listrik untuk Industri

Posted on

Pondokgue.com – Mengetes Genset Listrik untuk Industri – Pastikan genset yang ada di pabrik atau perusahaan selalu bisa bekerja dengan optimal. Sebab sebagai salah satu sumber tenaga listrik, kalau genset tidak berperforma baik akan berpengaruh nantinya terhadap kinerja perusahaan.  Maka memang perlu solusi listrik untuk industri dengan melakukan pengetesan genset ini. Caranya adalah dengan menggunakan load bank.

Seperti diketahui, mesin apapun itu selalu mengalami penurunan kinerja ketika digunakan dalam jangka panjang. Genset pun demikian. Saat generator ini sudah beroperasi lebih dari 14 ribu jam, maka biasanya akan menurun kemampuannya. Untuk itu, perlu alat yang dinamakan load bank. Sehingga nantinya bisa kita ketahui apakah genset ini sudah waktunya untuk di-service. Tentu saja fungsi load bank bukan hanya itu saja. Tapi bisa juga digunakan untuk pemindah beban. Misalnya untuk mencegah terjadinya overspeed ketika dilakukan instalasi crane. Dengan begitu kondisi genset pun tetap stabil dan tidak mudah rusak.

Solusi listrik untuk industri ini bisa dilakukan dengan melakukan penyewaan load bank. Daripada membeli load bank memang lebih efisien untuk menyewa. Sebab penggunaan load bank ini juga tidak setiap hari. Tapi hanya untuk penggunaan sewaktu-waktu saja misalnya ketika ingin melakukan pengetesan mesin genset, melakukan tes sinkronisasi, melakukan pemindahan beban maupun mengetes sistem UPS.

Karena itu secara efisiensi memang lebih murah untuk sewa load bank dibanding dengan membelinya. Ini menjadi solusi listrik untuk industri yang lebih praktis. Untuk cara penggunaannya pun kita akan dipandu langsung oleh teknisi. Dengan demikian, perusahaan kita bisa tinggal terima beres saja.  Walau kebutuhan akan load bank ini hanya bersifat temporer tapi perannya sangat penting. Sebab dengan alat ini kita bisa memastikan kondisi generator. Jika memang waktunya di-service kita pun baru bisa melakukan service genset.

Walhasil, langkah semacam ini yang memang perlu dilakukan oleh industri untuk memastikan kondisi genset maupun perangkat listrik lainnya bisa digunakan dengan baik. Jelas manfaatnya akan langsung terasa pada efisiensi perusahaan. Jadi sejak awal kita sudah memastikan apa langkah selanjutnya yang dilakukan untuk memastikan listrik industri berjalan dengan baik. Apakah nantinya dengan melakukan pembelian genset baru atau cukup dengan men-service saja.

Tunggu, sedang memuat. . .
Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *