4 Kiat Membuat Kamar Mandi Ramah Anak
4 Kiat Membuat Kamar Mandi Ramah Anak

4 Kiat Membuat Kamar Mandi Ramah Anak

Posted on

pondokgue.com4 Kiat Membuat Kamar Mandi Ramah Anak Salah satu ruangan yang cukup berbahaya untuk anak adalah kamar mandi. Hal ini dikarenakan kamar mandi memiliki banyak benda licin dengan lantai basah yang berpotensi mencelakai anak jika tidak dibawah pengawasan orangtua.

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak sangat aktif bergerak, terutama saat mandi. Mereka bisa saja menari, melompat, berlari, hingga makan sabun. Kegiatan yang berbahaya ini tentu membuat orangtua menjadi lebih proaktif dalam menjaga si kecil.

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin mendesain kamar mandi yang ramah anak, sebaiknya perhatikan jangan hanya dari estetikanya saja. Perhatikan pula kenyamanan dan keamanan untuk anak.

Ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan untuk mewujudkan kamar mandi yang ramah anak. Apa saja? Simak berikut ini.

Lantai yang aman

Siapa yang tidak ngeri jika melihat anak berlari di kamar mandi yang basah? Untuk meminimalisir bahaya, sebaiknya gunakan lantai keramik yang bertekstur kasar agar tidak licin. Jangan lupa untuk membersihkan kamar mandi minimal seminggu sekali untuk menghindari lumut yang bisa membuat lantai licin. Cara lainnya adalah dengan menggunakan karpet anti selip di bawah shower.

Pilih kloset yang aman

Untuk kloset, pilihlah yang aman agar tidak berbahaya bagi anak. Pilih kloset dengan dudukan toilet elektronik agar tidak ada bahaya tangan terjepit ketika digunakan. Selain itu, pastikan kloset duduk tersebut memiliki tutup agar anak tidak sembarangan memasukkan tangan ke dalamnya. Untuk kloset jongkok, jangan lupa untuk menutup bagian atasnya untuk menghindari anak terpeleset ke dalam.

Pilih bathtub yang aman

Pilihlah bathtub dengan material yang aman untuk anak. Lapisi pula pinggirannya dengan pelindung karet untuk mencegah benturan jika anak terpeleset. Di dalam bathtub dan pinggir luarnya, letakkan karpet anti selip agar tidak terpeleset. Jangan lupa untuk mengosongkan bathtub jika tidak digunakan untuk menghindari anak tenggelam saat jauh dari pengawasan.

Mengamankan peralatan elektronik dan sumber listrik

Untuk toilet kamar mandi terbaru Anda, amankan selalu peralatan elektronik seperti alat cukur, pengering rambut, dan benda berbahaya lainnya di dalam lemari yang sulit dijangkau anak. Untuk sumber listrik, posisikan stop kontak agak tinggi dan pakaikan penutup agar aman.

Tunggu, sedang memuat. . .
Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *