Tips Mendapatkan Foto Matahari Terbit Terbaik
Tips Mendapatkan Foto Matahari Terbit Terbaik

Tips Mendapatkan Foto Matahari Terbit Terbaik

Posted on

Pondokgue.com – Tips Mendapatkan Foto Matahari Terbit Terbaik – Tidak ada yang tahu hal yang pasti kenapa traveler amat sangat menyukai momen matahari terbit dan terbenam. Bahkan ada banyak sekali traveler yang sengaja mencari tempat terbaik terjadinya matahari terbit demi mendapatkan momen terbaik untuk diabadikan. Misalnya seperti booking kamar hotel dari jauh hari di tempat yang benar-benar dekat dengan lokasi matahari terbit.

Memang, alam bebas memiliki rahasia tersendiri kenapa fenomena matahari terbit begitu indah. Selain karena memang matahari terbit punya kecantikan yang khas tersendiri karena seberkas cahaya matahari yang perlahan menyinari bumi ada juga alasan lain kenapa matahari terbit begitu spesial. Ada lho beberapa hotel di Solo yang memiliki pemandangan matahari terbit yang bisa dinikmati dari jendela.

Ya, untuk mendapatkan momen matahari terbit dibutuhkan sebuah usaha yang tidak sedikit. Dari situlah banyak orang-orang yang merasa sangat puas ketika berhasil mengabadikan momen matahari terbit yang paling apik.

Matahari terbit pastinya harus didapatkan di tempat yang memiliki dataran tinggi. Kenapa? Karena dari situ kita bisa melihat cakrawala secara lebih luas, sehingga pada saat momen cahaya matahari perlahan masuk ke bumi kita bisa melihat dengan jelas betapa luasnya jangkauan sinar matahari tersebut yang perlahan semakin meninggi.

Tentu, ketika kita sudah berada di dataran yang tinggi kita tidak mungkin melewatkan momen matahari terbit begitu saja. Untuk itu banyak traveler yang memang sengaja mencari matahari terbit untuk mengabadikan detik-detik cahaya matahari menyinari bumi. Biasanya mereka memiliki seperangkat alat fotografi lengkap yang sengaja dibawa untuk mendapatkan hasil foto yang menakjubkan.

Sebenarnya apa saja sih yang dibutuhkan dan yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan foto matahari terbit yang begitu epik? Berikut ini tipsnya!

  • Riset dan survey kecil-kecilan

Tidak cuma penelitian yang perlu sebuah riset dan survei, mendapatkan hasil foto yang luar biasa juga butuh riset, lho. Sebenarnya lakukan saja riset yang paling simple dan sederhana seperti mencari hal dasar seputar fenomena matahari terbit tersebut.

Riset tersebut harus menjawab pertanyaan mulai dari dimana lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari tersebut, kapan waktu terbaik untuk menyaksikannya, siapa yang paling mengetahui fenomena itu dan bisa diajak untuk hunting foto matahari terbit, apa yang harus dibawa, sampai bagaimana cara untuk mendapatkan foto matahari terbit yang paling epik.

Survei tersebut tentu akan membantu kita mempersiapkan hal-hal sebelum berangkat menuju lokasi matahari terbit. Dengan begitu kita akan sangat penuh persiapan dan bisa menikmati matahari terbit dengan sempurna.

  • Siapkan peralatan

Sebelum berangkat pastikan kamu sudah mempersiapkan seperangkat alat fotografi lengkap untuk memotret momen matahari terbit. Mulai dari kamera, baterai, tripod, lensa, memory card dan berbagai peralatan lain yang bisa mendukung kamu untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik.

Tidak hanya peralatan lengkap untuk memfoto matahari terbit. Kamu juga perlu untuk mempersiapkan skill fotografi kamu. Untuk mendapatkan momen terbaik coba kamu atur komposisi foto sebaik mungkin. Demi foto yang menarik tentunya kamu harus mempunyai komposisi foto yang harmonis. Kalau kamu merasa belum mempunyai kemampuan fotografi yang mumpuni ada baiknya untuk meningkatkan terlebih dahulu pengetahuan tentang komposisi foto tersebut karena memang mengabadikan momen matahari terbit ternyata tidak sesimpel itu.

  • Tentukan mau foto siluet atau tidak

Sebelum berangkat ada baiknya kamu menentukan nantinya akan mengambil foto siluet atau tidak. Sebaiknya sih ambil saja foto siluet. Meskipun wajah tidak terlihat tapi bentuk kamu masih bisa dikenali kok.

Yang jelas saat mengabadikan foto matahari terbit jangan sampai kamu melewatkan momen matahari itu sendiri dan malah sibuk dengan wajah kamu sebagai objeknya. Nah, untuk mendapatkan foto siluet yang paling oke dan hasil yang lebih gelap coba kamu manfaatkan metering cahaya di kamera kamu. Jadinya cahaya yang diukur adalah cahaya belakang objek.

  • Tentukan juga ingin foto landscape atau portrait

Sebenarnya matahari terbit cocok kok dengan model format foto apa saja. Mau itu format landscape ataupun portrait kesan mangis dari matahari terbit akan tetap melekat. Namun, memang amat disarankan untuk mengambil foto matahari terbit dalam format landscape. Kenapa? Karena format landscape akan memberikan kesan luas di dalam foto dan semua pemandangan jadi terlihat dengan jelas.

  • Bangun sebelum pagi

Nah, tips yang satu ini adalah hal yang paling mendasar. Banyak orang yang salah kaprah kadang mencari momen matahari terbit ketika awal-awal matahari sudah mulai naik ke atas. Padahal yang harus dilakukan adalah berangkat beberapa jam sebelum waktu matahari terbit. Nah, supaya kamu tidak kesulitan ada baiknya untuk booking kamar hotel dekat dengan lokasi matahari terbit tersebut. Misalnya kamu akan hunting foto matahari terbit di daerah Solo, nah dari situ kamu harus cari hotel di Solo yang harganya pas dan lokasinya paling dekat dengan tempat matahari terbit tersebut.

  • Nikmati momen dan resapi

Ini dia tips paling esensial dari mendapatkan foto apik matahari terbit. Kamu harus menikmati momen dan meresapi setiap pergerakan matahari yang sedang perlahan menyinari bumi.

Setiap detiknya sangat berharga lho, kamu pun pasti jarang-jarang mendapatkan momen tersebut. Untuk itu, jangan terlalu sibuk dengan faktor teknis fotografi tapi kamu juga harus memiliki rasa sehingga hasil foto yang dihasilkan akan jadi luar biasa.

Tunggu, sedang memuat. . .
Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *