Analisis Keuangan Finansial Sehat dengan Kelola Uang Pribadi Lebih Dulu
Analisis Keuangan Finansial Sehat dengan Kelola Uang Pribadi Lebih Dulu

Analisis Keuangan Finansial Sehat dengan Kelola Uang Pribadi Lebih Dulu

Posted on

Pondokgue.com – Analisis Keuangan Finansial Sehat dengan Kelola Uang Pribadi Lebih Dulu – Besar pasak daripada tiang. Tentu Anda sudah sering mendengarkan pepatah berikut ini bukan? ya, hal ini banyak sekali terjadi di kehidupan pada umumnya dimana pengeluaran selalu lebih dari pemasukan. Inilah yang menjadikan keuangan pribadi menjadi tidak sehat sehingga beresiko pada penumpukan hutang, gagal bayar dan masih banyak lagi. Jika Anda mengalami hal demikian, maka kini Anda harus bisa mulai untuk melakukan analisis keuangan finansial pribadi Anda sendiri.

Pada dasarnya mengatur keuangan pribadi tidaklah sulit. Namun Anda perlu mengatur hati Anda untuk bisa berfikir mana kebutuhan dan mana keinginan. Kebutuhan adalah hal yang wajib dipenuhi misalnya makan, rumah dan pakaian, sedangkan keinginan adalah hal yang tidak dipenuhi pun sebetulnya tidak apa-apa. Lalu bagaimana cara atur keuangan pribadi? Berikut ini beberapa tipsnya:

  1. Cash flow
    Aliran keuangan adalah hal pertama yang perlu Anda ketahui. Jalur untuk masuk keluarnya uang wajib selalu diketahui. Dari sini Anda harus bisa mengetahui jumlah pendapatan secara keseluruhan misalnya dari gaji, dari pekerjaan sampingan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa juga untuk mengetahui pengeluaran dari yang terkecil sekalipun mulai dari kebutuhan makan, anak, transportasi, cicilan hutang dan lain sebagainya. Dari semua itu, buatlah budget untuk masing-masing pengeluaran, misalnya untuk tabungan 10%, investasi 10%, asuransi atau simpanan kesehatan 20% atau lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Ketahui tujuan
    Pelajari betul apa tujuan Anda mengeluarkan uang tersebut. Misalnya ketika Anda tergoda membeli tas branded harga puluhan juta, maka jangan ragu untuk memikirkannya beribu kali sehingga bermanfaat atau tidak. Kontrol nafsu untuk terus mengeluarkan uang demi hal tidak penting sehingga Anda bisa betul-betul memisahkan mana kebutuhan dan keinginan.

Itulah beberapa tips untuk mengatur keuangan pribadi. Sebetulnya tidak sulit bukan? Ya, analisis keuangan finansial ini akan sangat membantu Anda dalam pengaturan dan manajemen keuangan pribadi secara tepat. Jika Anda mampu melakukannya dan menjadikannya kebiasaan, maka keuangan pribadi yang mungkin sebelumnya berantakan perlahan akan bisa kian membaik. Untuk mendapatkan update informasi dan tips keuangan, pastikan selalu akses informasi ke Infobank.

Tunggu, sedang memuat. . .
Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *