KBJ Mengunjungi Hokben Restoran Halal
KBJ Mengunjungi Hokben Restoran Halal

Hokben Restoran Halal dan Nyaman Untuk Keluarga

Posted on

Hokben Restoran Halal dan Nyaman Untuk Keluarga – Bulan puasa seperti saat ini adalah bulan dimana Buka Bersama adalah waktu yang sangat berharga untuk berkumpul bersama saudara, sanak family, kolega dan juga sahabat-sahabat tercinta. Nah, untuk mendapatkan suasana yang asik buat berkumpul, tentu saja harus memilih tempat yang nyaman dan juga ‘Halal’ agar puasa jadi lebih berkah dan tidak khawatir dengan penyajian makanan bukan? Untuk itu, harus ekstra hati-hati, karena tidak semua rumah makan memiliki sertifikat label halal. Meski demikian, bukan berarti bahwa resto yang tidak memiliki label halal tidak baik, hanya untuk berjaga-jaga saja, guys. 🙂

Menjelang memasuki bulan ramadhan kemaren, pada tanggal 4 Juni tepatnya, Pondokgue berkesempatan mengikuti diskusi label halal yang diadakan oleh Komunitas Blogger Jogja di Hokben, salah satu waralaba di Jogja yang sudah mengantongi sertifikasi label halal oleh MUI yang diikuti oleh kurang lebih 30 orang blogger yang tergabung dalam Komunitas Blogger Jogja.

KBJ Mengunjungi Hokben Restoran Halal
KBJ Mengunjungi Hokben Restoran Halal

Materi tentang Label Halal ini disampaikan oleh Ir. Osmena Gunawan selaku Wakil Direktur LPPOM MUI Pusat. Pada sesi ini, Ibu Os -sapaan akrab beliau- menjelaskan secara detail kepada kami tentang bagaimana Hokben bisa menjadi Restoran Halal melalui prosedur dan peninjauan langsung dari tim peninjau.

Seyogyanya, untuk mendapatkan sertifikasi label halal ini sangat mudah, asalkan restoran atau tempat makan yang ingin mendapatkan sertifikat memenuhi 3 kriteria yang ada, diantaranya yaitu:

  1. Makanan yang Sehat
    Makanan sehat disini mencakup beberapa hal, diantaranya yaitu mengandung gizi yang cukup dengan kualitas dan mutu yang terjamin.
  2. Makanan yang proporsional
    Artinya sesuai dengan kebutuhan, tidak berlebihan atau tidak kekurangan, dan tidak melampaui batas yang wajar.
  3. Makanan Aman
    Artinya makanan yang disajikan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh dan tidak membuat konsumen menjadi sakit setelah mengkonsumsinya.

Selain 3 hal diatas, ada 3 tahapan yang juga dilihat oleh pihak MUI agar produk cepat mendapatkan sertifikasi label halal. Apa saja itu? Pertama yaitu Jujur atau tidak ada yang disembunyikan ketika proses sidak dilakukan, kemudian selanjutnya yaitu produk menggunakan bahan-bahan halal dan terakhir semua bahan tercatat dan mudah ditelusuri.

Dari semua kriteria diatas, Hokben telah memenuhi semua syarat dan mendapatkan nilai akreditasi A. Jadi sudah terbukti bahwa Hokben Restoran Halal dan aman untuk tempat berkumpul bersama siapa saja. 😀

Gravatar Image

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri – Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *