Kue Bolu | Image Source : http://resepkuekering.org/

Tips Agar Resep Kue Bolu Bisa Sempurna

Posted on

Tips Agar Resep Kue Bolu Bisa Sempurna – Kue bolu adalah salah satu makanan yang khas dari Indonesia. Biasanya kue ini disajikan pada saat hajatan, syukuran atau saat berkumpul dengan keluarga besar. Pada aslinya kue ini memiliki tekstur lembut, halus dan manis rasanya. Akan tetapi sering kali beberapa orang mengalami masalah saat membuat kue bolu ini. Salah satu masalahnya adalah resep kue bolu yang dimasak menjadi keras atau lazim disebut dengan bantat. Pada artikel kali ini akan diulas mengenai tips membuat kue bolu agar tidak bantat. Bagaimanakah caranya? Simak informasinya berikut ini.

Agar kue yang dibuat tidak bantat, sebaiknya perhatikan beberapa bahan berikut:

  • Telur
    Gunakan telur yang masih segar dan memiliki suhu ruang. Selain itu pastikan takaran telur ini seimbang dengan tepung terigu. Bukan malah jumlah telur sedikit akan tetapi jumlah terigu justru banyak.
  • Tepung terigu
    Pilihlah tepung terigu yang kondisinya masih baik. Hal ini ditandai dengan kondisi tepung yang masih kering, tidak berjamur serta tidak menggumpal. Bila ingin maksimal lebih baik ayak terigu terlebih dahulu dan kemudian jemur.
  • Oven
    Pastikan hanya menggunakan oven yang suhunya stabil dan kondisinya masih bagus. Karena kondisi oven yang kurang baik bisa menyebabkan pematangan kue bolu tidak maksimal.
  • Mentega
    Mentega juga sering kali menjadi pemicu kue bolu menjadi bantat. Pastikan Anda hanya menggunakan mentega Blueband yang sudah terbukti cocok untuk membuat kue bolu.
Kue Bolu | Image Source : http://resepkuekering.org/
Kue Bolu | Image Source : http://resepkuekering.org/

Selain beberapa bahan diatas, pemicu lainnya adalah cara membuat kue bolu yang kurang terampil. Misalnya saja durasi waktu mixer yang kurang lama. Untuk menciptakan kue bolu yang tidak bantat ini, gunakan durasi waktu yang pas atau pastikan saja jika semua bahan sudah tercampur hingga merata. Pastikan juga adonan yang di mixer tidak menggumpal dan tidak terlalu encer.

Demikianlah tips untuk membuat resep kue bolu agar tidak bantat. Semoga dengan mengetahui tips ini, Anda bisa membuat kue bolu yang baik dan sempurna sesuai dengan keinginan Anda. Diharapkan juga Anda tak takut untuk mencoba membuat kue bolu lagi setelah mengetahui resep ini. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda.


Gravatar Image

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri – Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *