Statement ‘Nyeleneh’ Menkominfo Tentang Domain dan Bandwitch

Posted on

Menkominfo Akan Bagikan Domain .ID Gratis? – ada beberapa berita yang menurut pondokgue sangat menarik untuk diperhatikan bagi blogger, yaitu mengenai akan dialokasikannya dana sebesar 50 Miliar untuk pembagian sejuta domain berekstensi web.id. Alasan yang diberikan oleh menkominfo disini yaitu agar semua orang beralih dari Top Level Domain (TLD) berakhiran .com ke sTLD berakhiran .id.

Ada beberapa statement dari menkominfo yagg di terbitkan oleh Kompas.com, diantaranya yaitu mengenai adanya Bandwitch Internasional jika kita menggunakan domain .com. Hal inilah yang membuat saya bingung. Karena setahu Pondokgue, Bandwitch itu berasal dari hosting, dan hal itu juga berarti bahwa jika kita menggunakan domain .id tetapi menggunakan hosting luar, bukankah sama saja?

Menurutnya, situs-situs yang menggunakan domain .id, ketika diakses dari Indonesia tidak akan memakai bandwidth internasional. Lain halnya dengan situs berakhiran .com yang ketika diakses dari Tanah Air harus menggunakan bandwidth internasional.

Diantara komentar disana juga menanyakan hal ini, seperti komentar dari Adin Darmawan “lhadalah, apa hubungan domain dengan bandwidth pak? domain .id tapi hostingnya masih pake luar ya sama aja pak…situ lagi diketawain orang banyak tuh pak”.

Bagaimana Menurut Kalian? Apakah TLD mempengaruhi Bandwitch?

Menkominfo Bagikan Satu Juta Domain .id Gratis | Domain .id Gratis

Gravatar Image

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri – Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *