[TUTORIAL] Cara Hapus Voice Command di CFW-Mu

Posted on
Selamat sore kawand, setelah kemaren posting tentang [TUTORIAL] Buat AutoText BB di Symbian s60v5  ternyata masih banyak yang belum bisa karena adanya voice command yang sangat menyebalkan di symbian mereka ! Kemudian saya mencari alternatif lain untuk men-disable voice command pada ponsel symbian, khususnya yang menggunakan CFW dari orang lain. karena setelah mencari-cari di berbagai forum tentang Patch untuk Disable Voice Command saya tidak menemukannya, maka cara iniLah yang paling mudah untuk dilakukan.
Berikut langkah-langkahnya :
Pertama download dulu alat-alatnya disini ..
Didalam folder itu ada 2 software yaitu 1) Nokia Firmware Editor dan 2) Firmware Cleaner, satu hal yang perlu diperhatikan disini yaitu kamu harus uda punya File CFW.
Next, buka Nokia Firmware Editor (NFE) dan pilih open file dan cari dimana kamu meletakkan file Rofs2 CFW-mu.
Cari File ROFS2 Kemudian tekan extract, tunggu proses extract selesai sampai muncul tulisan ‘Done, Ready For Cooking’ (lihat gambar dibawah)
 
 After that, klik open firmware directory yang akan langsung membawa anda ke folder extract dari file ROFS2 tadi (gambar bawah)

Sampai tahap ini, kamu sudah berhasil extract ROFS 2 untuk masuk ke tahap selanjutnya ! Tetap tenang ya. Ambil minum dulu buat yang belum terbiasa edit CFW, All Is Well guys !
Sudah ? Tahap selanjutnya, buka Firmware Cleaner (FW Cleaner), dan pilih Folder ROFS2 dari hasil extract tadi, Remember !! Folder ROFS2 ! Kemudian Tekan Ok.

Sudah berhasil ? Siapkan ke langkah selanjutnya, setelah proses diatas maka akan muncul tab dengan banyak pilihan seperti ini:
Fungsi software ini yaitu untuk menghapus software pada CFW yang tidak kita butuhkan, atau sama sekali tidak pernah kita pakai, ya seperti voice command tersebut. Centang beberapa software yang tidak anda perlukan, misal voice command dan beberapa aplikasi lainnya, dalam hal ini ada beberapa software yang gak boleh dihapus antara lain share online, location or OVI Sync. Ingat loh, jangan hapus share online, location or OVI Sync. Setelah memilih apa saja yang tidak anda butuhkan, tekan gambar (+) di bawah, terus tekan (x) delete.
 

Mudah bukan ? Proses belum selesai sampai disini kawand, setelah proses di atas selesai, keluar dari FW Cleaner, dan buka lagi Nokia Firmware Editor, tekan Reload From HDD, dan selanjutnya tekan Repack/Rebuilt.

Setelah proses repacking selesai, masuk ke folder awal dimana anda menyimpan CFW Original anda, maka akan ada file ROFS2 dengan nama RM-625_40.1.003_prd.rofs2_ReBuilt.V22, (RM-xxx, yaitu jenis dari handphone anda)
Next, setelah semua hal di atas telah kamu lakukan, flash ulang HP-mu dengan metofe JAF !
Sekian, semoga tutorial ini dapat membantu anda.
Keep Posting !!
^.^

Gravatar Image

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri – Cicero

16 thoughts on “[TUTORIAL] Cara Hapus Voice Command di CFW-Mu

  1. nice share.. tapi ane nyoba dah berhasil semua tinggal re pack baru jalan setengah ada tulisan eror creating image. operation stopping.<br />solusinya gimana bos.<br />makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *