Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Install Ulang Laptop

Mufid

Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Install Ulang Laptop – Sebenarnya, saya sudah pernah membahas ini, namun lebih spesifik kepada Cara Membuat Bootable Flashdisk untuk laptop yang menggunakan UEFI System. Namun cara tersebut agak sedikit susah karena menggunakan Command Prompt. Nah, kali ini Pondokgue akan berbagi bagaimana cara untuk membuat Bootable Flashdisk untuk installulang laptop kalian, baik Windows 7, Windows 8 dan juga Windows 8.1.
Untuk cara yang ini, kita akan menggunakan sebuah software yang bernama Rufus. Secara penampakan sih, software ini sangat simple sekali, bisa dilihat lewat gambar disamping. Nah, disini Pondokgue akan memberitahu bagaimana cara menggunakannya. Langsung saja ya, sahabat!
Pertama, yang dibutuhkan disini yaitu sebuah flashdisk minimal 4GB, ini tergantung besaran ISO file Windows yang kalian miliki. Selain itu, kalian juga harus Download Rufus Terbaru di website resminya.
Kedua, jika sudah ada dua bahan diatas, segera colokkan flashdisk kalian ke Laptop dan buka software Rufus yang sudah kalian download dari website resminya tadi. Pastikan software yang kalian buka sesuai dengan yang ada di Pondokgue.com ini, temans!
Ketiga, ada 5 kolom yang tersedia di software rufus, diantaranya yaitu Device, disini pilih nama flashdisk atau device yang akan gunakan sebagai bootable flashdisk. Kemudian ada kolom Partition Scheme and Target system type pilih MBR partition scheme for BIOS or UEFI Computers. Kemudian pada kolom File System dan Cluster size biarkan default. Pada kolom New Volume Label bisa dibiarkan default atau terserah kalian kasih nma apa.
Keempat, jika semua kolom sudah terisi, kemudian lihat pada bagian bawahnya. Biarkan semuanya default dan fokuskan pada menu Create a bootable disk using, tekan menu Dropdown di sebelah kanannya dan pilih ISO Image dan selanjutnya klik gambar Disk di kanannya lagi dan pilih file ISO Image yang akan ada install.
Kelima,  jika sudah langsung saja tekan Start dan tunggu prosesnya selesei. Mudah bukan?

Baca Juga:   Cara Mengganti Nama User di Laptop Windows 11

oh iya, Pondokgue sedikit membuat Video Tutorial Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Install Ulang Laptop ini, silahkan dilihat jika masih belum paham benar. Namun, pada tutorial ini Pondokgue masuh menggunakan Rufus versi lama karena belum Download Rufus Terbarunya. 🙂

Selamat Mencoba Tutorial Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Install Ulang Laptop ini, semuaa..

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Tags

Related Post

5 thoughts on “Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Install Ulang Laptop”

  1. Yoi… mudah banget pake rufus.. cuma kalo gagal saat proses beresiko bermasalah flasdiskjnya.. tap teta gampang solusinya. hehe

    Reply

Leave a Comment