4 Tips Bersepeda yang Tetap Aman di Tengah Musim Penghujan | source: alphacoders.com
4 Tips Bersepeda yang Tetap Aman di Tengah Musim Penghujan | source: alphacoders.com

4 Tips Bersepeda yang Tetap Aman di Tengah Musim Penghujan

Posted on

Pondokgue.com – 4 Tips Bersepeda yang Tetap Aman di Tengah Musim Penghujan – Musim penghujan kerap membuat pecinta kegiatan bersepeda mengalami meriang dan masuk angin karena kehujanan. Maka simak beberapa tips bersepeda yang aman seperti yang pernah di ulas sepedabiz supaya aktifitas satu ini tetap menjaga kebugaran tubuh meski hujan turun secara rutin. Bersepeda memang menjadi aktifitas sederhana namun punya manfaat yang sangat kompleks. Rutin naik sepeda saat pergi sekolah, ke kampus, atau ke kantor membantu menjaga kesehatan tubuh terutama organ jantung. Asalkan paham cara aman naik sepeda di tengah musim penghujan dijamin Anda akan selalu menikmatinya.

Tips Aman Bersepeda di Musim Penghujan

Hujan yang terus turun membuat kesehatan siapa saja mengalami penurunan terlebih jika naik sepeda ataupun sepeda motor. Supaya aktifitas ini tidak membuat tubuh sakit karena tersentuh hujan maka simak beberapa tips aman berikut ini:

  1. Tidak pernah lupa membawa jas hujan,Musim penghujan membuat resiko terjebak hujan di tengah jalan sangat tinggi, maka lebih aman selalu membawa jas hujan. Jas hujan ini akan membantu menekan kemungkinan masuknya air ke badan secara berlebihan. Bersamanya Anda tentu bisa menghindari resiko sakit usai kehujanan saat bersepeda, akan lebih aman menambahkan jas atau sarung pada tas untuk mengamankan isinya.
  2. Menambahkan aksesoris pada sepeda,Demi keamanan agar tidak menjadi korban tabrakan oleh pengendara atau pengguna jalan lain jangan ragu menambahkan aksesoris. Paling tepat menambahkan bel dan juga lampu sehingga meski bersepeda pulang kantor di malam hari Anda tetap aman. Terlebih saat hujan turun biasanya jarak pandang akan lebih pendek, keberadaan lampu sangat menguntungkan. Anda bisa dengan mudah menghindari jalan berlubang, kubangan air, dan sebagainya sehingga selamat sampai ke rumah.
  3. Selalu menjaga kebersihan sepeda,Sepeda yang dibiarkan kotor dan penuh dengan lumpur tentu kurang aman dipakai saat musim penghujan. Gerakan Anda akan lebih lambat karena sepeda perlahan lebih berat dari yang seharusnya karena lumpur tadi. Maka akan lebih bijak dan tepat jika memperhatikan kebersihan sepeda, jika memungkinkan bisa dibersihkan setiap habis dipakai. Lumpur yang mengendap juga bisa merusak komponen sepeda sehingga perjalanan Anda jauh dari kata aman, resiko sepeda macet mendadak bisa saja menghantui.
  4. Selalu memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh,Kalau Anda ingin sehat dan tidak mudah sakit saat bersepeda di tengah musim hujan maka jangan abaikan soal kebutuhan tubuh untuk makan sehat. Penuhi nutrisi tubuh untuk menjaga konsentrasi dan tenaga supaya mengayuh sepeda jauh lebih aman dan cepat sampai ke tujuan meski di tengah jalanan hujan. Bila diperlukan Anda bisa mengkonsumsi vitamin atau suplemen sehingga tubuh tetap vit meski cuaca kurang bersahabat. Mengamati tips bersepeda ini tentu meningkatkan pemahaman Anda pentingnya persiapan menghadapi musim hujan.
Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *