mahasiswa Institut Pertanian Bogor
Institut Pertanian Bogor

Persiapan Menembus Universitas Negeri Tanah Air Favorit

Posted on

Persiapan Menembus Universitas Negeri Tanah Air Favorit – Bagi yang tertarik untuk maju bersama ilmu bermanfaat yang diberikan oleh IPB (Institut Pertanian Bogor) maka sebaiknya dipersiapkan sejak awal. Masuk ke jajaran universitas negeri di tanah air memang membutuhkan perjuangan yang lebih berat. Tingkat perjuangan yang lebih ini menuntut Kita sebagai peminat untuk melakukan berbagai persiapan. Membekali diri dengan tambahan ilmu yang bermanfaat pun sebaiknya dilakukan bahkan sejak dini.

Merasa keinginan untuk masuk ke dalam lingkungan Institut Pertanian Bogor dan berstatus sebagai mahasiswa disana. Maka saat masih duduk di bangku sekolah Kita perlu mempersiapkan beberapa ha; seperti berikut:

  1. Rajin Belajar Sejak Dini

    Kampus IPB memiliki lingkungan yang aktif, semua mahasiswa disana akan sering mendapatkan tugas dari dosen yang mengampu. Jika sejak dini Kita tidak terbiasa belajar dengan giat maka akan kaget dengan perubahan lingkungan yang ada. Sebagai bentuk persiapan mental anak didik yang baik maka sejak berada di bangku SMA maupun semenjak di SMP. Sudah terbiasa dengan pengaturan jadwal belajar secara teratur.

    mahasiswa Institut Pertanian Bogor
    Institut Pertanian Bogor
  2. Meraih Prestasi Akademik Yang Bagus
    Ada banyak alternatif jalan yang bisa ditempuh untuk bisa masuk menjadi mahasiswa di IPB, dan salah satu yang banyak diimpikan. Ialah melalui jalur prestasi dimana dibebaskan dari kewajiban mengikuti ujian seleksi masuk tahap awal. Akan meringankan beban pikiran dan mental Kita jika terhindar dari adanya seleksi tersebut sehingga jalan masuk terbuka lebar. Namun untuk meraih kondisi seperti itu Kita perlu memberikan bukti prestasi yang didapatkan secara kontinyu, bahkan sejak semester awal di bangku SMA.
  3. Mencari Informasi Sebanyak Mungkin
    Persiapan yang tidak kalah penting untuk bisa menembus kampus IPB ialah mendapatkan informasi yang cukup. Semisal mengenai jurusan ilmu yang tersedia, apakah di dalamnya sesuai dengan bakat maupun minat. Kemudian informasi mengenai biaya, baik di awal masuk hingga nanti lulus menelan kisaran angka berapa. Semakin banyak informasi yang diperoleh dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan akan memberikan kemudahan. Sehingga lebih percaya diri dan yakin untuk masuk ke dalam lingkungan IPB (Institut Pertanian Bogor).
Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

3 thoughts on “Persiapan Menembus Universitas Negeri Tanah Air Favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *