Ilustrasi Mesin Cuci | Image Source : teropongbisnis.com
Ilustrasi Mesin Cuci | Image Source : teropongbisnis.com

Peluang Usaha di bidang Bisnis Laundry Kiloan

Posted on

Peluang Usaha di bidang Bisnis Laundry Kiloan – Karyawan yang bekerja setiap hari, mungkin tidak memiliki waktu luang untuk mencuci bajunya sendiri. Hal ini juga sama seperti mahasiswa yang sibuk dengan kegiatannya di kampus. Kesibukan mereka yang tidak bisa mencuci bajunya sendiri bisa anda jadikan peluang bisnis yang ruang bisnisnya mencakup karyawan dan juga mahasiswa. Anda bisa membuka usaha laundry baju kiloan.

Untuk memulai usaha yang satu ini. Anda pertama-tama harus memiliki modal yang tidak sedikit. Anda bisa memulai bisnis lanundry ini dengan menggunakan modal Rp. 10 juta. Modal tersebut sudah termasuk 2 mesin cuci. Peralatan untuk mencuci seperti detejen, pelembut, pewangi, plastic, dan peralatan lainnya.

Kemudian setelah modal, anda juga harus memperhatikan tempat untuk anda memulai usaha yang satu ini. Apabila ruang untuk bisnis yang anda pilih yaitu para karyawan pabrik-pabrik ataupun pekerja kantoran, maka anda bisa memilih tempat yang strategis yaitu tempat dekat pabrik ataupun perkantoran. Apabila anda memiliki rumah yang dekat tempat perkantoran atau pabrik, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat.

Ilustrasi Laundry | Image Source : teropongbisnis.com
Ilustrasi Laundry | Image Source : teropongbisnis.com

Selanjutnya setelah tempat dan peralatan sudah siap. Anda tinggal melakukan promosi. Untuk promosi awal, anda bisa menetapkan tarif yang murah untuk setiap kilo baju yang dicuci. Selain itu juga anda bisa menggunakan brosur untuk promosi selain itu juga anda bisa menggunakan banner yang anda pajang di depan toko anda.

Untuk bisnis permulaan, anda bisa meminta bantuan keluarga dekat untuk membantu anda, mislanya anda dibantu oleh adik, suami. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar gaji karyawan. Akan tetapi apabila usaha anda yang satu ini maju, anda bisa menggunakan bantuan karyawan untuk membantu pekerjaan anda misalnya untuk mengantar-antarkan baju yang sudah dilaundry, kemudian untuk mengambil cucian pelanggan anda.

Anda ingin usaha laundry kiloan anda beda dari laundry yang lain, maka anda bisa membuat sebuah terobosan yang bisa membedakan usaha laundry anda. Misalnya anda memberikan bonus kepada pelanggan. Misalnya apabila sudah 10 kali mencuci di tempat anda dengan berat cucian minimal 5 kg, pelanggan tersebut mendapatkan bonus 1 kali mencuci baju dengan berat 2 kg.

Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *