Cara Install Windows 7 Pada Laptop ASUS X201E - source: notebookcheck.com
Cara Install Windows 7 Pada Laptop ASUS X201E - source: notebookcheck.com

Cara Install Windows 7 Pada Laptop ASUS X201E

Posted on
Cara Install Windows 7 Pada Laptop ASUS X201E – selamat malam, sahabat. Kali ini saya memilih tema yang sangat jarang dibahas di Pondokgue selama ini, yaitu Cara Install Ulang Sebuah Laptop, Kenapa membahas tema ini? Bukannya install ulang semua laptop sama saja? Sayangnya tidak untuk laptop yang satu ini, sahabat. Karena untuk laptop ini sudah tertanam UEFI sistem dimana kita tidak bisa merubah atau mengisi partisi yang ada dengan Sistem Operasi lain, dan untuk laptop ini telah tertanam Windows 8 Enterprise. Untuk yang belum paham benar tentang UEFI system ini bisa baca-baca di wikipedia ya.
Oke, untuk itu Pondokgue akan berbagi bagaimana cara Install Ulang Laptop Asus X201E dengan sistem operasi lain seperti Windows 7 atau Linux. Simak step-stepnya dibawah ini ya:
Langkah pertama yaitu menyiapkan beberapa alat sebelum eksekusi laptop kalian yang menggunakan UEFI sistem, alat alatnya yaitu:

  1. USB a.k.a Flashdisk minimal 4 GB.
  2. CD atau Installer Windows atau Linux atau Ubuntu yang kalian Punya.
  3. Laptop orang lain.
Selanjutnya yaitu, colokkan flashdisk yang udah kamu siapin ke laptop, kemudian buka Command Prompt (cmd.exe) dan pastikan kamu berada di C:Users*username*>, setelah itu ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk merubah flashdisk kamu menjadi NTFS dengan beberapa langkah berikut ini:
  1. Setelah masuk Command Prompt dan berada di direktori C:Users*username*>, kemudian ketikkan ‘Diskpart’ dimana kemudian kamu akan di bawah ke direktori Diskpart.
  2. Selah masuk direktori Diskpart, ketikkan perintah ‘List Disk’, disini akan muncul beberapa disk, dan cari yang menunjukkan bahwa itu flashdisk kamu. Jadi, jika kamu memasukkan flashdisk 8 GB maka cari Disk yang berkapasitas 7388 MB.
  3. Kemudiak ketikkan perintah ‘Select Disk ###’. ubah tanda pagar tersebut dengan nomer disk yang tertera, semisal flashdisk kamu ada di Disk 2, maka ubah pagar dengan disk 2.
  4. Setelah itu ketikkan perintah ‘Clean’. 
  5. Setelah itu ketikkan perintah ‘Create Partition Primary’, untuk membuat partisi baru yang akan digunakan untuk install ulang.
  6. Kemudian ketikkan perintah ‘Select Partition 1′.
  7. Setelah itu ketikkan perintah ‘Active’, untuk mengaktifkan partisi yang baru.
  8. Setelah itu ketikkan ”Format FS=NTFS” or “Format FS=NTFS quick”, pilih salah satu perintah. perintah ini untuk merubah partisi flashdisk menjadi NTFS.
  9. Tunggu sampai selesei. Kemudian ketikkan perintah ‘Assign’.
  10. Lalu ketikkan ‘Exit’.
Untuk memudahkan, coba lihat gambar dibawah ini sebagai contoh sebelum kamu melakukan cara di atas:
Langkah Langkah membuat Bootable Windows
Langkah Langkah membuat Bootable Windows

Setelah tahap diatas selesi, maka flashdish kamu telah selesei diformat NTFS, Cara selanjutnya yaitu menyiapkan CD Installer yang akan digunakan, dalam contoh ini, Pondokgue menggunakan CD Installer windows 7, langkah yang harus dilakukan yaitu:

  1. Pertama, ekstrak cd installer windows 7 ke folder baru pada desktop, dalam contoh ini folder bernama Window 7
  2. Kemudian buka Command Prompt kemudian ketikkan ‘cd desktop’.
  3. Setelah itu ketikkan lagi ‘cd window 7’, atau nama folder yang kamu buat di desktop tadi.
  4. kemudian ketikkan lagi perintah ‘cd boot’, jadi pada layar command prompt nanti akan sampai pada direktori C:Users*Username*DesktopWindow 7Boot>.
  5. Setelah itu ketikkan perintah bootsect.exe /nt60 H:’, perintah H disini merupakan letak direktori flashdisk kita, jadi sesuaikan dengan di laptop kamu.
  6. Baru setelah semua proses ini selesei, copy atau ekstrak CD installer di USB Flashdisk kamu, lihat gambar dibawah jika bingung dengan penjelasan ini. 😀
Jadi, untuk siapa saja yang ingin install ulang laptop yang menggunakan UEFI system, bisa mengikuti cara ini, sobat. Silahkan berkomentar jika ada yang perlu ditanyakan. Arigato!
Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

37 thoughts on “Cara Install Windows 7 Pada Laptop ASUS X201E

  1. kenapa saya gagal saat melakukan langkah terakhir.. pada layar cmd nya malah timbul penjelasa seperti ini<br />this version of C:userrevandesktopwindows 7boobt is not compatible with the version of windows you are running . check your computer is system information and then contact the software publisher…. itu apa masalah nya ia…. padahal udah hampir berhasil………… bantu solusi

    1. koq ga bisa masuk ke windows mas?..proses installx sdh sampe di &quot;preparing desktop&quot; tiba2 langsung restart..dan ga bisa lgi masuk ke windowsx..ada langkah khusus yg bisa dilakukan mas? terima kasih telah menanggapi mas..

  2. installx berhasil mas..cuman ga bisa masuk ke desktop..hanya restart2 aja..ga bisa booting ke windows..gimana nih mas?? thanks sebelumx mas..

  3. Kalau memang benar pada laptop tertanam UEFI tentunya tutorial diatas belum cukup, karena dijamin tidak bisa install windows 7 dengan sukses. Hardisk laptop yang mengandung partisi UEFI harus di clean juga, baru bisa install OS lain.

  4. dah 1000x sy coba, tetap ga bisa….mungkin benar Hardisk laptop yang mengandung partisi UEFI harus di clean juga…..<br />ada cara yg lebih mudah ga sheeeeeeeeeeeeee???????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *