Tutorial Flashing 1 – Antara OFW dan CFW

Posted on
Selamat malam sahabat Pondokgue.com !! Uda hampir seminggu saya gak posting, karena lagi prepare untuk belajar buat template bogspot. Kali ini saya akan membagikan tutorial flashing Custom Firmware untuk Symbian yang masih menggunakan Original Firmware. Tapi sebelum masuk ke dalam hal flashing, peru saya jelaskan fungsi dan tujuan dilakukan transformasi Handphone dari Custom Firmware (CFW) dan Original Firmware (OFW). Jadi posting Tutorial Flashing 1 – Antara OFW dan CFW ini  untuk lebih menjelaskan untuk para pengguna symbian baru, bagi yang sudah lama, disimak aja yaah..
Lanjut,
OFW, yaitu firmware bawaan dari masing-masing handphone, di Nokia Sendiri misalnya, ada beberapa jenis OFW dengan tingkat keamana masing-masing, mulai dari s60v1, s60v2, s60v3, s60v5 dan yang baru hadir Symbian Belle ada juga yang menyebutnya dengan s60v5. Dan pada kesempatan ini, saya akan menjalaskan tentang Original Firmware pada s60v5, dalam sistemnya s60v5 termasuk sistem operasi dengan keamanan paling kuat dan rumit, hal ini terlihat saat proses peng-Instalan Software atau aplikasi-aplikasi tanpa sertifikat yang kebanyakan gagal dan tidak bisa di-Instal. Ini menjadi Alasan utama symbianizer melakukan Flashing pada handphone mereka.
Alasan yang lain, beratnya OFW untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dikarenakan menumpuknya cache pada ROM atau Local Disk C. sedangkan dalam CFW biasanya cache dibagi rata ke C maupun ke Mass Storage: E.

CFW, yaitu Custom firmware, atau OFW yang telah di Modifikasi oleh beberapa orang, dalam CFW mereka, sistem Keamanan sistem dibuka, sehingga memudahkan kita untuk melakukan instalasi tanpa menggunakan Sertifikat resmi atau Request sertifikat yang memakan waktu lama. dalam CFW ini juga tampilan bisa seratus persen berbeda dari OFW, kebanyakan symbian^1 atau s60v5 diTransformasikan menjadi Nokia C6-00 atau n97. Menarik bukan ?

Itu gambaran ringkas dari Tutorial Flashing 1 – Antara OFW dan CFW ini, posting selanjutnya, saya akan mambagikan video tutorial yang belum bisa diposting hari ini, karena masih dalam proses pembuatan.Sabar yaa.

Sedikit saran bagi yang baru pertama kali atau sedang ingin melakukan Flashing, jangan terlalu takut untuk mencobanya, karena hasil yang diperoleh pasti memuaskan !!
Semangat..

Tutorial Flashing 1 – Antara OFW dan CFW

Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

13 thoughts on “Tutorial Flashing 1 – Antara OFW dan CFW

  1. sy dah lama mas dlm hal flashing.. bhkan koleksi cfw sy udah bnyk.. tinggl pilih mana yg mau di flash :p<br />buat para newbie dlm hal flashing.. jgn takut utk mncoba krna hp sy jga prnh mengalami yg nmanya eror dlm flashing.. hp nya jd ga mau nyala, tpi berkat usaha, baca tutor, mncoba trus mnerus, akgirnya hp sy jdi bgus bgt.. bhkan sudah trbiasa dgn hal flashing..jdi saran sy baca baek2 tutor

  2. 🙁 gak ada bahan buat praktek nih,,,<br /><br />Oya ane mo tanya kalo sym^1 itu s60v5, sym^3 kalo gak salah anna/belle (CMIIW) n kalo sym^2 apaan ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *