Kejarlah Mimpimu Kawand !!

Posted on
1. Berani bermimpi besar
Sebenarnya ada sedikit perbedaan antara mimpi dan cita-cita. Cita-cita mungkin lebih bisa digambarkan dalam bentuk profesi, sedangkan mimpi lebih detail ke perasaan kita masing-masing. Misalnya cita-cita anda menjadi dokter, mungkin mimpi anda adalah bisa mempunyai tempat praktek gratis untuk rakyat miskin yang buka tiapa hari Sabtu. Atau ga usah yang jangka panjang dulu dech, misalnya anda punya mimpi jalan-jalan ke Bali,dsb. Maka coba wujudkan mimpi itu dengan menabung dari sekarang. Tidak ada mimpi yang terlalu besar untuk diwujudkan. Maka itu tentukan mimpi terbesar kamu saat ini, focus dan berusaha meraihnya.
2. Tetaplah berpikir dan bersikap positif
Jangan kacaukan mimpi dan cita-cita anda cuma karena pikiran negatif, pikiran yang bilang bahwa anda tidak akan mungkin bisa meraih mimpi anda sendiri.
The power of mind itu sangat penting. Kalau anda berpikir ‘nggak bisa’ maka nantinya memang pasti ga bisa. Tapi kalau anda yakin bisa anda pasti bisa. Pikiran itu bersifat magnetis dan punya frekuensi yang dipancarkan ke alam semesta. Kalau kita memikirkan hal-hal yang buruk maka semua itu akan kembali ke kita menjadi kenyataan. Percaya atau tidak, pikiran kita saat ini sedang menciptakan kehidupan masa depan kita! Serem kan kalau kita memelihara pikiran buruk terus?!
3. Menembus batasan anda
Tahukah anda kalau kutu loncat adalah binatang yang mampu melompat 300x tinggi tubuhnya? Tapi kalau dimasukkan kedalam sebuah kotak korek api kosong lalu dibiarkan disana selama 1 sampai 2 minggu, kutu itu jadi cuma bisa melompat setinggi kotak korek api aja. Kemampuan melompat 300x tinggi tubuhnya menghilang,apa sebabnya?
Ternyata ketika kutu itu berada di dalam kotak korek api dan mencoba melompat tinggi, ia selalu terbentur. Ia mencoba lagi dan terbentur lagi. Terus begitu sampai ia mulai ragu sama kemampuannya sendiri. Mulailah si kutu berpikir, “Kayaknya kemampuan saya melompat memang Cuma segini deh.” Lalu ia menyesuaikan tinggi loncatannya setinggi kotak korek api. Aman, si kutu tidak terbentur. Ia pun jadi sangat yakin, “ Nah benar kan? Kemampuan saya memang cuma segini. Inilah saya!” Waktu dikeluarkan dari kotak korek api, kutu itu masih merasa batas kemampuan lompatannya hanyalah setinggi kotak korek api dan ia pun hidup seperti itu sampai mati.
Di dunia nyata, kotak korek api melambangkan batasan dan hambatan kita. Kalau anda ingin meraih impian, anda harus bisa menembus berbagai keterbatasan itu.
Know your potentials karena penghalang keberhasilan yang terbesar seringkali bukan dating dari kurangnya kemampuan atau kesempatan, tetapi rendahnya pendapat kita sendiri tentang apa yang bisa kita capai.
4. Abaikan si pembenci
Cemoohan atau ledekan terhadap cita-cita selalu dihadapi oleh orang-orang besar di dunia ini. Terutama kalau cita-cita dan mimpinya itu adalah something new, a breakthrough atau big ideas. Tapi orang-orang besar itu nggak pernah berhenti bermimpi hanya karena jadi bahan tertawaan. Buat mereka, hal-hal kayak gitu nggak lebih dari sekedar interupsi ringan yang nggak ada artinya. They continue dreaming karena mereka yakin dan percaya sama apa yang mereka impikan. So, kalau ada yang mencemooh mimpi anda, artinya mimpi itu punya setidaknya satu dari tiga kriteria di atas. Don’t kill it and keep working on it!!
5. Ikuti jalan menuju mimpimu
Kalau mimpi kamu adalah sebuah tempat tujuan, pasti ada jalan yang akan mengantar kamu kesana. Mungkin ada lebih dari satu jalan yang benar, tapi pasti ada juga jalan yang justru membawa kamu menjauh dari sana. Jalan ini yang harus dihindari. Contohnya jika anda punya mimpi menjadi diplomat maka ambillah kursus bahasa inggris dan bahasa lainnya, jangan hanya ‘melempem’ dan tidak berbuat apa-apa. Disinilah kerealistis-an harus berjalan. Anda boleh punya mimpi ‘segila’ apapun, but you have to follow the path to be there.
6. Tetap memotivasi diri
Motivasi itu bagus banget buat pikiran kita, so keep yourself motivated. Apapun yang bisa membuat kamu tetap bersemangat meraih mimpi. Banyak kok caranya, misalnya dengan membaca buku-buku yang inspiring tentang kisah sukses seseorang dengan mimpi yang sama dengan kamu atau menulis quote-quote yang encouraging.
Bisa juga dengan bikin daftar semua impianmu lalu taruh di tempat-tempat yang strategis sebagai pengingat, kalu perlu lengkap dengan gambar atau foto. Misalnya kalau impian anda adalah traveling ke Italia, tempelin aja gambar mobil atau foto Colloseum di kamar, diary, atau di screen saver computer biar bisa dilihat setiap hari. Yakinkan pikiran anda, hati anda, dan seluruh sel-sel tubuh anda bahwa anda bisa mewujudkan mimpi tersebut.

Mimpi..Kejarlah mimpimu!! Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2037100-mimpi-kejarlah-mimpimu/

Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *