Ragu Ajukan Kredit Tanpa Agunan? Ini Kelebihannya Dibandingkan Kredit Lain

Mufid

Ragu Ajukan Kredit Tanpa Agunan_ Ini Kelebihannya Dibandingkan Kredit Lain
Ragu Ajukan Kredit Tanpa Agunan_ Ini Kelebihannya Dibandingkan Kredit Lain

Pondokgue.comRagu Ajukan Kredit Tanpa Agunan? Ini Kelebihannya Dibandingkan Kredit Lain – KTA yang merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan saat ini semakin diminati di kalangan masyarakat. Sebagai salah satu produk pinjaman uang dari bank, KTA tidak mengharuskan peminjamnya untuk menyerahkan jaminan (agunan) kepada bank. Hal ini tak seperti kredit multiguna yang mewajibkan nasabahnya menjaminkan aset pribadi kepada pihak lembaga keuangan yang meminjamkan dana. Dengan begitu, semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba pengajuan pinjaman dana KTA ini.
Kendati demikian, KTA ini juga kerap diidentikkan sebagai pinjaman uang khusus untuk karyawan saja. Padahal, para wirausahawan pun sebenarnya bisa mengajukannya. Namun tentu ada sejumlah perbedaan signifikan yang perlu diketahui. Bank menetapkan peraturan yang berbeda bagi karyawan dan wirausahawan yang hendak meminjam dana KTA.
Contohnya sebagai salah satu perbedaan terletak pada persyaratan kelengkapan dokumen. Untuk karyawan, diharuskan menyertakan slip gaji pendapatan selama 3 bulan terakhir. Agar lebih yakin dan tak ragu untuk mengajukan kredit tanpa agunan ini, mari simak kelebihan dari KTA bila dibandingkan dengan kredit lain sebagai berikut.

1. Persyaratan mudah.

Persyaratan untuk mengajukan KTA ini tergolong lebih mudah bila dibandingkan dengan pinjaman kredit lainnya. Biasanya, pihak bank akan memberikan syarat sebagai berikut:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk),
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak),
  • Kartu kredit aktif,
  • Slip gaji atau rekening buku tabungan selama 3 bulan terakhir.

2. Proses pencairan cepat

Pihak bank tidak akan mensurvei calon nasabahnya terlebih dahulu lantaran pinjaman ini tidak tanpa jaminan. Survei yang dimaksud di sini adalah mengecek keabsahan jaminan surat berharga Anda. Contohnya yakni sertifikat rumah, BPKB kendaraan bermotor dan lain-lain.

Sementara itu, waktu yang diperlukan untuk proses pencairan kurang lebih sekitar 21 hari kerja. Apabila dokumen dan persyaratan Anda sudah lengkap, bahkan pinjaman KTA yang Anda ajukan bisa cair hanya dalam waktu 1-3 hari. Ini semua tergantung dari kebijakan masing-masing bank yang memberikan pinjaman dana.

3. Masa tenor yang panjang

Baca Juga:   Mitsubishi Fighter Terbaru; Truk Terbaik Untuk Pelaku Usaha

KTA mempunyai masa tenor alias waktu cicilan yang terbilang cukup panjang. Hal ini menguntungkan bagi Anda sehingga tidak memberatkan cicilan bulanan yang harus dilunasi. Ada pun masa tenor yang berlaku berkisar antara 12 bulan hingga 60  bulan.

4. Dana bisa digunakan untuk apa pun

Tidak ada ketentuan apakah KTA ini harus digunakan untuk apa. Dengan begitu, banyak masyarakat yang menggunakannya untuk beragam keperluan. Mulai dari biaya menikah, renovasi rumah, pendidikan, kesehatan (pengobatan), rekreasi (liburan dan hiburan) bahkan juga digunakan untuk keperluan konsumtif dan produktif seperti modal usaha.

5. Limit pinjaman besar

Limit atau batasan untuk dana pinjaman tanpa agunan ini juga terbilang bervariasi dan cukup besar. Umumnya, rata-rata plafon pinjaman yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 300 juta. Ini semua tergantung dari aturan dan kebijakan masing-masing bank. Bank juga akan mempertimbangkan jumlah penghasilan bulanan yang Anda miliki sebagai persyaratannya.

Selain itu, harap perhatikan agar pengajuan KTA Anda lolos oleh bank. Bank akan memperhitungkan riwayat finansial dan kredit yang sebelumnya pernah Anda lakukan pada lembaga perbankan dan non-perbankan. Pengecekan ini biasa dikenal dengan istilah BI Checking, atau  Informasi Debitur Individual (IDI) historis.

Apabila riwayat BI Checking Anda tidak baik, maka pihak bank akan berpikir ribuan kali untuk meminjamkan dana kepada Anda. Alhasil, pengajuan pinjaman Anda pun bisa ditolak. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, Anda perlu mengikuti beberapa tips berikut:

Catatan Rekening

Bank tidak hanya akan melihat catatan slip gaji, tapi juga meminta laporan catatan rekening Koran/ buku tabungan Anda. Dengan demikian, Anda akan ingin memperbaiki catatan rekening yang Anda punya. Jika Anda menerima gaji secara tunai, biasakan diri untuk langsung menyetorkannya ke rekening Anda. Bank akan memeriksa catatan terkait selama 3-6 bulan terakhir.

Jangan Telat Bayar Utang

Bila Anda masih terlibat utang dengan pihak perbankan lainnya, status utang ini akan diketahui melalui skor BI Checking. Akan terlihat apakah Anda berstatus kredit macet atau tidak. Jika ternyata status Anda kredit macet, besar kemungkinan permohonan pinjaman di masa depan langsung ditolak mentah-mentah.

Baca Juga:   Arti Gwenchana dan 6 Contoh Penggunaannya

Data Faktual

Jujurlah saat mengisi formulir pengajuan aplikasi pinjaman, Anda akan ingin menggunakan data yang faktual sesuai kenyataan yang ada. Ini dikarenakan data yang Anda berikan kepada bank harus disertai dokumen-dokumen yang mendukung. Jika bank menemukan data yang diberikan tidak valid, berkas aplikasi Anda akan langsung ditolak.

Hitung Cicilan

Anda akan ingin terlebih dahulu melakukan simulasi perhitungan mengenai total cicilan Anda kelak. Idealnya, total cicilan utang yang dimiliki tidak boleh melebihi sepertiga dari pendapatan setiap bulannya. Bagaimana jika ternyata lebih? Pihak bank akan menolak berkas pengajuan Anda karena dianggap tidak rasional.

Kemungkinan besarnya Anda akan mengalami kesulitan dalam melunasi cicilan utang KTA karena harus membayar kebutuhan lainnya, sehingga Anda terpaksa harus mengambil porsi yang sudah dianggarkan untuk cicilan utang.

Misalkan, apabila penghasilan Anda saat ini Rp 3 juta, maka usahakan untuk tidak mempunyai total cicilan utang di atas Rp 1 juta.

Kurangi Porsi Penggunaan Kartu Kredit

Jangan gunakan porsi limit kartu kredit melebihi 80% karena hal ini akan berpengaruh pada penilaian bank terhadap aplikasi permohonan pinjaman Anda. Kurangi porsi penggunaan credit card dan bayar cicilannya tepat waktu demi riwayat kredit yang baik. Dengan begitu, bank melihat Anda sebagai pihak yang berkomitmen melunasi tagihan dengan tepat waktu.

Mudah Dihubungi

Berikan nomor ponsel yang paling sering Anda gunakan dan pastikan selalu aktif agar mudah dihubungi. Bisa jadi sewaktu-waktu bank akan menelpon Anda sebagai konfirmasi aplikasi pinjaman yang tengah diajukan. Jika Anda sekali saja tak bisa dihubungi, ada kemungkinan pihak bank akan menolak pengajuan aplikasi pinjaman  tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai kelebihan KTA dibandingkan kredit lainnya. Dengan mengikuti sejumlah tips di atas, niscaya permohonan pengajuan aplikasi pinjaman Anda akan mendapat persetujuan dari bank. Selamat mencoba!

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Related Post

Leave a Comment